Sukses

Cetak Dua Gol, Usain Bolt Dicurigai Pakai Doping

Bolt mencetak dua gol saat membela Central Coast Mariners.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari manusia tercepat di bumi, Usain Bolt. Pensiunan sprinter nasional Jamaika yang kini menjajal dunia sepak bola dicurigai menggunakan doping.

Kecurigaan mengarah setelah Bolt tampil mengesankan saat memperkuat klub Australia, Central Coast Mariners, di laga amal melawan Macarthur South United di Sydney, Australia, Jumat (13/10) lalu. Pada pertandingan itu Bolt mencetak dua gol. 

Alih-alih mendapat pujian atas aksinya, Bolt justru dicurigai menggunakan obat-obatan terlarang untuk mendongkrak performa di lapangan. Pemain 32 tahun bahkan mengaku bingung atas desakan Federasi Sepak bola Australia yang menuntutnya menyerahkan sampel darah dan urin untuk diperiksa.

"Jadi sobat, saya sudah pensiun dari lintasan (lari, red) dan sedang mencoba jadi pemain sepak bola. Tetapi lihat ini! Bagaimana saya dipaksa menjalani tes doping? Saya bahkan bukan pemain profesional," kata Bolt, dikutip Joe.co.uk.

"Saya tanya kepada wanita itu (petugas anti-doping, red) 'Kenapa saya diuji bahkan saya belum masuk klub?' lalu dia menjawab karena saya atlet elit, jadi begitu," lanjut Bolt. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Gol

Usain Bolt memang belum menandatangani kontak profesional dengan Central Coast Mariners atau klub sepak bola mana pun. Pemegang rekor lari 100 meter beberapa kali menjalani trial di sejumlah klub Eropa termasuk Manchester United dan Borussia Dortmund.

Bolt sempat dikritik karena keputusannya banting setir dari lintasan lari yang gemilang ke langan hijau (sepak bola) di usianya yang sudah kepala tiga. Namun, Bolt berhasil menjawab keraguan itu dengan dua gol indah sebelum akhirnya dia dicurigai menggunakan doping.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.