Sukses

Penampilan Dovizioso Menurun Tajam di Paruh Pertama MotoGP 2018

Aksi Dovizioso di MotoGP 2018 tak seperti yang diharapkan sebelumnya.

Liputan6.com, Bologna - Grafik penampilan Andrea Dovizioso di ajang MotoGP 2018 mengalami penurunan drastis. Ini merujuk dari data yang didapatkan pada sembilan balapan paruh pertama musim ini.

Dari sembilan balapan paruh pertama MotoGP musim ini, Dovizioso hanya mampu mengumpulkan 88 poin. Rapor merah ini membuatnya tercecer di urutan keempat klasemen pembalap sementara.

Tentunya ini sangat berbeda jika membandingkan penampilan Dovizioso di musim lalu. Pasalnya, sebelum liburan musim panas, pembalap asal Italia itu berada di peringkat ketiga di klasemen pembalap dengan raihan 123 poin.

Artinya, pemilik nomor 4 di tim Ducati Corse itu tekor 35 angka. Penurunan performa Dovizioso di tahun ini tak lepas dari ketidakmampuan menyelesaikan balapan.

Dovizioso tercatat tiga kali gagal menyentuh garis finis di Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), dan Catalunya (Spanyol). Itu merupakan gambaran sederhana yang dapat dilihat saat ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jauh dari Harapan

Singkat kata, jika melihat penampilan Dovizioso di musim ini, seperti menceritakan sebuah kisah yang jauh dari apa yang dibayangkan penggemar sebelumnya. Ini mengindikasikan bahwa kuda besi Desmosedici GP18 lebih memprioritaskan untuk mengeluarkan kemampuan Jorge Lorenzo dan bukan Dovizioso.

Fakta ini didukung oleh catatan positif yang didapat X-Fuera pada musim ini. Lorenzo sejauh ini telah berdiri gagah di podium pertama sebanyak dua kali yakni di Mugello (Italia) dan Catalunya (Spanyol). Tak hanya mengakhiri paceklik kemenangan selama satu tahun lebih, pemilik nomor 99 itu juga sukses mendongkel posisinya di klasemen pembalap.

Tahun lalu, Lorenzo berada di posisi kesembilan dengan raihan 65 poin. Sekarang, rekan setim Dovizioso itu telah mencetak 85 angka atau ada peningkatan 20 poin dari perhitungan tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Perbandingan

Perbandingan Performa Pembalap Ducati Corse di Paruh Pertama 2017 dan 2018:

2017

9 Balapan, Andrea Dovizioso Mencetak 123 Poin

Rincian: Posisi 2 (Qatar), gagal finis (Argentina), 6 (Austin), 5 (Jerez), 4 (Le Mans), 1 (Mugello), 1 (Catalunya), 5 (Assen), 8 (Sachsenring)

9 Balapan Jorge Lorenzo Mencetak 65 Poin

Rincian: Posisi 11 (Qatar), gagal finis (Argentina), 9 (Austin), 3 (Jerez), 6 (Le Mans), 8 (Mugello), 4 (Catalunya), 15 (Assen), 11 (Sachsenring)

 

2018

9 Balapan, Andrea Dovizioso Mencetak 88 poin

Rincian: Posisi 1 (Qatar), 6 (Argentina), 5 (Austin), gagal finis (Jerez), gagal finis (Le Mans), 2 (Mugello), gagal finis (Catalunya), 4 (Assen), 7 (Sachsenring)

9 Balapan Jorge Lorenzo Mencetak 85 Poin

Rincian: Gagal finis (Qatar), 15 (Argentina), 11 (Austin), gagal finis (Jerez), 6 (Le Mans), 1 (Mugello), 1 (Catalunya), 7 (Assen), 6 (Sachsenring)

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.