Sukses

Gagal di Final Piala Eropa, Timnas Prancis Incar Penebusan pada Piala Dunia 2018

Prancis mencapai final Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1998.

Liputan6.com, Moskow - Tidak pernah sebelumnya finalis Piala Eropa menjuarai Piala Dunia. Kini Timnas Prancis berkesempatan melakukannya asalkan berjaya di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018).

Les Bleus selangkah lagi mengulang capaian 1998 setelah membungkam Belgia 1-0 pada semifinal Piala Dunia 2018 di Krestovsky Stadium, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB.

Kesempatan ini begitu berharga menyusul pengalaman pahit dua tahun lalu. Di depan publik sendiri, Prancis dibungkam Portugal 0-1 pada final Piala Eropa.

"Kami belum melupakan kekalahan itu. Mungkin kami dapat melakukannya jika memenangkan turnamen kali ini," kata pelatih Prancis, Didier Deschamps, dilansir ESPN.

Jangankan juara, finalis Piala Eropa cenderung terpuruk pada edisi Piala Dunia berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarang Bersinar

Sebelum Prancis, capaian terbaik dicapai Jerman. Setelah menembus final Piala Eropa 2008, mereka mencapai semifinal Piala Dunia 2010.

Di luar kedua negara tersebut, finalis Piala Eropa cenderung terpuruk pada Piala Dunia berikutnya.

3 dari 3 halaman

Nestapa Republik Ceko

Republik Ceko merasakan nasib paling tragis. Usai menantang Jerman di laga puncak Piala Eropa 1996, Pavel Nedved dan kawan-kawan justru tidak lolos ke Piala Dunia di Prancis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.