Sukses

Gupita Kresna Makin Mulus Rebut Juara di Yamaha Sunday Race 2018

Gupita Kresna selangkah lagi menjadi juara di kelas sport 150 cc Pro di Yamaha Sunday Race 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Yamaha Yamalube Oryza, Gupita Kresna makin mulus untuk merebut juara di sport 150 cc Pro pada Yamaha Sunday Race (YSR) 2012. Itu setelah dia memenangi balapan seri 3 YSR di Sirkuit Sentul,Minggu (8/7/2018).

Dia mencatatkan waktu tercepat 18 menit 40,107 detik dari 10 lap yang dilombakan di kelas sport 150 cc pro. Sedangkan posisi dua dihuni Richard Taroreh dari Yamaha Yamalube Kaboci dan Reynaldi Pradana (Yamaha Yamalube Aspira Premio) di posisi ketiga.

Kemenangan ini membuat dia makin mudah untuk menjuarai kelas sport 150 cc Pro di Yamaha Sunday Race 2018. Apalagi YSR hanya menyisakan satu seri lagi.

"Saya sebenarnya tak pernah menghitung poin. Tapi saya selalu tanya bagaimana standing atau posisi saya di klasemen kepada kru. Mungkin untuk mengunci juara saya hanya butuh podium atau bahkan 10 besar," kata Gupita Kresna kepada wartawan usai balapan.

Gupita Kresna dengan demikian berpotensi untuk merebut gelar juara dari Richard Taroreh yang memenangi kelas ini pada Yamaha Sunday Race 2017. Saat ini, Gupita sudah mengoleksi 58 poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rival Terjungkal

Langkah Gupita Kresna dipermudah dengan tumbangnya rival terdekat di kelas sport 150cc. Aldy Satya Mahendra misalnya tak ikut lomba di seri ketiga.

Sedangkan rival terdekat, Rafid Topan gagal finis di seri ketiga karena terhenti di lap ketujuh. Begitupun dengan Reynaldi Pradana yang sudah mengoleksi 38 poin berkat posisi tiga di seri tiga YSR 2018.

Kalaupun Reynaldi menang di seri 4 YSR, poin menjadi 63, Gupita Kresna harus gagal finis agar gelar juara jatuh kepada Reynaldi. Pada seri 4, Gupita Kresna minimal harus mengoleksi 6 poin atau finis posisi ke-10 agar bisa juara.

Di luar itu, kerja keras Reynaldi di seri 3 patut diacungi jempol. Soalnya, dia merebut podium meski start di posisi ke-17.

"Saya beruntung karena tidak bersenggolan dengan pembalap lain sehingga bisa keluar dari rombongan pembalap. Saya bersyukur karena akhirnya bisa merebut podium," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Ajang Edukasi

Di luar hasil balapan, Yamaha Sunday Race seri 3 juga ditandai dengan acara mengundang 500 siswa untuk melihat langsung paddock-paddock tim balap. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai penyelenggara memberikan edukasi kepada para siswa dalam kegiatan School Invitattion pada hari Sabtu (7/7/2018).

Siswa yang terlibat diambil dari 4 sekolah di wilayah Cikarang, Bekasi, Depok dan Bogor. Mereka diajak untuk melakukan kegiatan paddock-tour, yaitu mengunjungi paddock tim balap sekaligus diberikan pengetahuan seputar dunia balap.

Tidak hanya sampai disini, acara menarik lainnya ialah Victory Lap di trek Sentul yang akan diramaikan ribuan bikers. Komunitas diajak untuk mengitari lintasan Sentul yang memiliki panjang 3,965 km.

Ini menjadi pengalaman berkesan karena Victory lap digelar berbarengan dengan momen ulang tahun Yamaha Vixion Club (YVC) yang ke-11 tahun. YVC adalah komunitas terbesar naked-bike di Indonesia.

Yamaha Cup Race sendiri merupakan ajang balap untuk profesional dan komunitas. Tak kurang 10 kelas dilombakan untuk menampung animo komunitas dalam menjajal dunia balapan. Sedangkan pembalap profesional bisa mematangkan persiapan motornya di ajang ini.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.