Sukses

Bungkam Kukar, Persela Lamongan Melesat ke Papan Atas

Persela kini menempati urutan kedua klasemen Liga 1.

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan mempertahankan catatan tak terkalahkan mereka saat tampil di Stadion Surajaya pada ajang Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak. Menjamu Mitra Kukar pada pekan ke-13, Kamis (7/6/2018), Persela menang 3-1.

Hebatnya, Persela Lamongan lebih dulu tertinggal dari Kukar di babak pertama. Lalu, mereka mampu bangkit dengan menceploskan tiga gol di babak kedua. Kemenangan itu pun mempertahankan catatan apik mereka di kandang dengan rincian empat kemenangan dan tiga hasil imbang dari tujuh laga.

Tak hanya itu, tambahan tiga poin juga membawa Persela melesat ke papan atas. Untuk sementara, mereka menduduki posisi kedua klasemen dengan koleksi 20 poin, unggul selisih gol atas Barito Putera.

Jalan Pertandingan

Sebagai tuan rumah, Persela yang baru menelan kekalahan 1-5 dari Sriwijaya FC langsung menggebrak sejak awal. Peluang langsung didapat di menit ketiga. Saddil Ramdani memberikan umpan terobosan kepada Diego Assis. Sayang, ia kehilangan momentum karena terlalu lama menguasai bola.

Peluang emas kembali didapat Persela Lamongan lewat Assis di menit ke-14. Mendapat umpan terobosan dari lini tengah, penyerang asal Brasil itu melepaskan tendangan dari sudut sempit yang masih belum tepat sasaran.

Sayang, Laskar Joko Tingkir malah kecolongan di menit ke-19. Mereka mendapat hukuman penalti setelah salah satu pemain Persela melakukan handball saat mencoba menghentikan umpan Danny Guthrie. Kesempatan itu dimanfaatkan Fernando Rodriguez di menit ke-21 untuk membawa Kukar unggul 1-0.

Unggul 1-0 membuat tim Naga Mekes makin percaya diri. Di menit ke-25, giliran Hendra Bayauw yang nyaris menggandakan keunggulan jika sepakannya tak dibendung Wallace Costa hingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Di sisa waktu babak pertama, tim besutan Aji Santoso mencoba untuk menembus lini belakang tim tamu. Sayangnya, berbagai upaya mereka masih menemui kegagalan. Termasuk tendangan yang dilepaskan Loris Arnaud yang bisa diselamatkan kiper Gerry Mandagi di menit ke-38.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Persela langsung memberikan perlawanan di babak kedua. Tepat di menit ke-50, mereka sukses menyamakan skor. Loris Arnaud sukses memaksimalkan umpan Shihei Matsunaga dari sisi kiri. Dengan mudah Arnaud menyontek bola untuk mencetak gol.

Tak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk mencetak gol kedua. Di menit ke-52, giliran Saddil Ramdani yang memperlihatkan aksi memukau. Setelah melewati beberapa pemain, ia melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa dihentikan Mandagi.

Tertinggal 1-2, Kukar meresponnya dengan melakukan pergantian pemain. Pelatih Rafael Berges memasukkan Septian David Maulana untuk mengantikan Dedy hartono di menit ke-58. Intensitas serangan Kukar pun bertambah.

Di menit ke-66, Bayauw nyaris mencetak gol saat memanfaatkan umpan silang Septian David. Sialnya, tendangan volinya masih bisa dihentikan kiper Persela, Dwi Kuswanto. Tiga menit kemudian, giliran Septian David yang mencoba memanfaatkan umpan Bayauw. Sayang, sundulannya masih mengarah ke atas gawang.

Di menit ke-71, giliran Guthrie yang mencoba peruntungan. Memanfaatkan umpan Bayauw, ia meneruskan bola dengan sundulan yang sayang masih membentur tiang gawang. Kukar tak menyerah. Memasuki menit ke-83, Berges memainkan Arif Suyono untuk menggantikan Guthrie agar menambah kecepatan di sisi sayap.

Sayang, mereka justru kembali kebobolan akibat serangan balik. Assis yang melakukan drible mengumpan bola ke arah Saddil dan mudah untuk dikonversi jadi gol. Laga pun ditutup dengan kemenangan 3-1 Persela.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persela: Dwi Kuswanto, Arif Satria, Jodi Kustiawan, Wallace Costa, Diego Assis, Fahmi Al Ayyubi (Sugeng Efendi 61), Guntur Triaji (Agung Pribadi 32), Shohei Matsunaga, Syahroni (Ahmad Subagja Baasith 70), Loris Arnaud, Saddil Ramdani

Cadangan: M. Ridwan, Agung Pribadi, Ahmad Subagja Baasith, Dio Permana, Sugeng Efendi, Andika Dian Asruri, Ghifari Vaiz

Pelatih: Aji Santoso

Mitra Kukar: Gerri Mandagi, Dedy Gusmawan, Mauricio Leal, Abdul Gamal, Bayu Pradana, Danny Guthrie (Arif Suyono 83), Dedy Hartono (Septian David Maulana 56), Anindito Wahyu, Fernando Rodrigues, Hendra Bayauw, Rendy Siregar (Saepuloh Maulana 47)

Cadangan: Ravi Murdianto, Saepuloh Maulana, Andre Agustiar, Arif Suyono, Rifan Nahumarury, Septian David Maulana, Aldino Herdianto

Pelatih: Rafael Berges

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.