Sukses

5 Peninggalan Zinedine Zidane di Real Madrid

Zinedine Zidane memutuskan mundur dari jabatan pelatih Real Madrid.

Madrid - Real Madrid diyakini bakal sangat kehilangan Zinedine Zidane. Pria asal Prancis itu terbilang sukses memimpin Los Blancos.

Selama dua setengah musim menangani Real Madrid, Zidane sukses mempersembahkan sembilan gelar, yaitu tiga gelar Liga Champions, masing-masing dua trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub, serta masing-masing satu La Liga.

Kepergian Zidane membuat Real Madrid kelimpungan mencari penggantinya. Apalagi, Los Blancos dikabarkan kesulitan membujuk pelatih-pelatih top untuk berlabuh ke Santiago Bernabeu.

Sejumlah nama telah dikabarkan menolak tawaran Real Madrid. Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, dan Julian Nagelsmann memilih bertahan di klubnya masing-masing.

Padahal, Zinedine Zidane telah meninggalkan berbagai warisan untuk calon penggantinya di Real Madrid. Lantas, apa saja warisan Zidane untuk calon pelatih Los Merengues?

Berikut ini Bola.com merangkum 5 di antaranya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ruang Ganti Bersahabat

Dalam klub sebesar Real Madrid yang dihuni banyak pemain bintang, tidak jarang terjadi friksi di ruang ganti. Namun, Zidane berhasil meredam tensi ruang ganti.

Hal itu terlihat ketika Real Madrid menjuarai Liga Champions dan merayakannya seperti keluarga. Sebelumnya, kapten Sergio Ramos menyebut tidak ada pemain egois di Real Madrid.

 

3 dari 6 halaman

Mentalitas Juara

Zidane memimpin Real Madrid memenangi sembilan trofi dalam waktu kurang dari tiga tahun. Hal itu membuat para pemain Los Blancos paham cara untuk meraih kemenangan.

Para penggawa Real Madrid telah terbiasa untuk menang bersama Zidane. Hasilnya, mentalitas juara para pemain Los Merengues dapat dimaksimalkan oleh pengganti Zidane.

 

4 dari 6 halaman

Skuat Merata

Zidane pernah menyebut seluruh 24 pemain dalam skuatnya memiliki kualitas tidak jauh berbeda. Namun, secara keseluruhan hanya 16 di antaranya yang benar-benar memiliki kualitas sama.

Situasi tersebut merupakan sebuah keuntungan untuk penggantinya di Real Madrid. Sang pelatih anyar dapat merotasi pemain tanpa perlu kehilangan kualitas.

 

5 dari 6 halaman

Pemain yang Berkembang

Sejumlah pemain menunjukkan performa terbaik sejak Zidane mengambil alih posisi pelatih. Termasuk di antaranya Casemiro, Lucas Vazquez, dan Keylor Navas.

Padahal, sebelumnya mereka kerap dianggap sebagai pemain gagal dan hampir dijual. Namun, Zidane sukses memanfaatkan potensi mereka menjadi pemain vital di Real Madrid.

 

6 dari 6 halaman

Meredam Ego Cristiano Ronaldo

Andai Cristiano Ronaldo bertahan di Real Madrid, pelatih selanjutnya beruntung. Pasalnya, sejak ditangani Zidane, Ronaldo sedikit meredam egonya.

Apabila tadinya Ronaldo ingin selalu bermain, kini dia siap beristirahat. Hasilnya, kapten timnas Portugal itu dapat tampil impresif saat dibutuhkan.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.