Sukses

Sirkuti Sachsenring Jalani Musim Terakhir di MotoGP?

Pemilik hak atas Grand Prix Jerman, ADAC, mengakhiri perjanjian kerja sama menggelar balapan MotoGP dengan Sirkuit Sachsenring mulai musim depan.

- Kabar mengejutkan datang dari Sirkuit Sachsenring. Melalui penyataan resminya, manajemen Sirkuit Sachsenring mengonfirmasi ADAC sebagai pemilik hak atas Grand Prix Jerman telah memutus kerja sama terkait gelaran MotoGP.

"Atas nama RM Sachsenring-Rennstrecken-Management GmbH, dengan ini kami menegaskan kontrak sebagai penyelenggara Motorrad Grand Prix Deutschland telah dibatalkan oleh ADAC Munich terhitung musim 2019 di Sachsenring melalui surat tertanggal 24-5-2018," bunyi pernyataan seperti dikutip Crash, Jumat (25/5/2018).

Dengan demikian, balapan MotoGP Jerman 2018 pada 15 Juli mendatang diyakini menjadi edisi terakhir digelar di Sirkuit Sachsenring. Namun, pihak Sirkuit Sachsenring masih berusaha untuk berkomunikasi dengan Dorna agar bisa mempertahankan MotoGP Jerman di tempat dengan panjang lintasan 3,7 km itu.

"Baik manajemen SRM, maupun pemegang saham, ingin menekankan akan terus bekerja sama untuk memastikan GP Jerman pada 2019 dan seterusnya tetap digelar di Sachsenring. Untuk itu, kami akan segera melakukan diskusi dengan Dorna Sport," ucap pernyataan tersebut.

MotoGP Jerman pertama kali menggelar balapan di Sirkuit Sachsenring pada 1998. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi yang paling sering memenangi balapan di Sirkuit Sachsenring dengan lima edisi.

Pemutusan kerja sama ini membuat ADAC harus segera mencari sirkuit baru untuk menggelar MotoGP Jerman musim depan. Sebab, ADAC masih terikat kontrak dengan Dorna sampai 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.