Sukses

MotoGP: Rossi Rebut Podium di Le Mans, Vinales Merasa Iri

Liputan6.com, Le Mans - MotoGP Prancis 2018 di Sirkuit Le Mans jadi bukti dominasi Marc Marquez yang sulit dihentikan. Namun, balapan pada Minggu (20/5/2018) itu juga jadi ajang kembalinya Valentino Rossi ke podium.

Sebelumnya, Rossi merasa pesimistis bisa bertarung memperebutkan podium MotoGP Prancis. Itu karena ia harus memulai perlombaan dari baris ketiga, tepatnya posisi kesembilan. Pembalap Movistar Yamaha itu pun mencoba realistis soal target.

Namun, Rossi terbukti mampu mengatasi pertarungan dengan para pembalap. Ia juga diuntungkan dengan terjatuhnya Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Johann Zarco, serta penampilan buruk Jorge Lorenzo.

Pembalap asal Italia itu menyelesaikan balapan 27 putaran MotoGP Prancis dengan selisih waktu 5,350 detik dari Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang merebut podium juara. Meski hanya podium ketiga, Maverick Vinales tetap merasa iri kepada The Doctor.

"Saya merasa sangat buruk di atas motor. Motor terus memburuk di setiap balapan. Saya mengharapkan balapan yang bagus di sini, tapi justru jauh lebih buruk dari sebelumnya. Tim Valentino Rossi bekerja lebih baik di akhir pekan. Hal inilah yang harus kami lakukan agar mempersiapkan motor lebih baik," ujar Vinales, dikutip Tuttomotoriweb.

 

2 dari 3 halaman

Keluhan Vinales

Vinales memang harus memulai balapan dari baris ketiga atau posisi kedelapan. Sialnya, ia juga sempat melorot ke urutan ke-14 di beberapa putaran awal sebelum akhirnya mencoba fokus untuk menyalip bebeberapa pembalap di depannya.

Pada akhirnya, pembalap asal Spanyol itu mengakhiri balapan dengan duduk di urutan ketujuh. Meski terbilang cukup bagus karena mampu menyalip banyak pembalap, Vinales tetap tak merasa puas dengan performa motornya.

"Saya tak memiliki grip pada ban belakang. Ini lebih buruk dari tahun lalu. Saya tak tahu apa yang harus kami ubah. Saya tak ingin menyelesaikan balapan di tempat ketujuh, tapi pertama," ungkap Vinales yang memenangi MotoGP Prancis 2017.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin

2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59 poin

3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58 poin

4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56

5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49

7. Andrea Iannone (Suzuki) 47

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46

9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29

11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24

12. Alex Rins (Suzuki) 22

13. Pol Espargaro (KTM) 18

14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16

15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16

16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13

17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13

18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12

19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

20. Mika Kalilo (KTM) 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 5

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Avintia) -

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Bos Honda Dukung Lorenzo Tinggalkan Ducati
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Siapa Bisa Hentikan Marquez?