Sukses

28 Tim Ikut Turnamen Futsal IA-ITB

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) organisasi resmi yang mewadahi hampir 100 ribu alumni ITB melalui salah satu divisinya yaitu Persatuan Sepakbola Ikatan Alumni ITB (PS IA-ITB), menggelar Turnamen Futsal IA-ITB 2018 di Cilandak Town Square Futsal Arena.

"Kegiatan ini merupakan upaya strategis menjaga momentum silaturahmi dan networking antara para alumni ITB dan juga sebagai sarana dalam mempromosikan gaya hidup sehat. Selain itu, khususnya bagi alumni muda, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana untuk mencegah masuknya paham ekstrimisme di kalangan alumni muda," ujar Ketua IA-ITB, Ridwan Djamaludin disela-sela Turnamen Futsal IA-ITB 2018 di Jakarta, Sabtu (5/5/2018).

Turnamen Futsal IA-ITB dibuka oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dengan melakukan tendangan dua belas pass ke gawang yang dijaga penjaga gawang dari Tim IA-ITB All Stars. Dalam turnamen ini terdapat 28 tim yang dibagi ke dalam dua kategori, yakni alumni muda dan madya. Turnamen ini sendiri memperebutkan piala bergilir ketua IA-ITB dan total hadiah sebesar 75 juta rupiah.

Menurut Ridwan, selain untuk menjaga silaturrahmi salah satu tujuan diadakannya turnamen futsal ini adalah untuk meningkatkan keakraban dan memberikan manfaat dan kebaikan kepada Indonesia dengan terus terjaganya persaudaraan antar alumni.

"Futsal saat ini telah menjadi gaya hidup masyarakat yang digemari termasuk kebanyakan para alumni, dan yang saat ini bertanding dulunya adalah juga beneran pemain bola, dan secara berkelakar kita selalu bilang turnamen ini untuk mencari bibit-bibit untuk pemain tahun 3000 an nanti. Pesertanyabdari berbagai jurusan, angkatan dan juga kelompok-kelompok, intinya adalah membina sportivitas, menjamin perkawanan dan tidak mengenal adanya kelompok-kelompok kepentingan apapun," Tegas Ridwan Djamaludin.

2 dari 2 halaman

Turnamen Lain

Ridwan menambahkan bahwa selain Futsal, pihaknya juga menyelenggarakan turnamen olahraga lainnya seperti golf, lari, gowes sepeda, bowling dan lainnya.

"Kita juga sering mengadakan kegiatan sosial yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat, seperti yang dilakukan alumni angkatan 85 yang membikin program PAUD, angkatan 83 dengan program pengembangan kapasitas guru-guru, alumni jurusan geologi juga membentuk sekolah bumi, angkatan 82 membuat cafe atau restoran untuk sosial dengan program beli 2 gratis 1, yang satunya untuk disumbangkan."

Pada kesempatan yang sama Wamen ESDM Arcandra Tahan mengatakan, yang terpenting bukanlah turnamen futsalnya, tetapi mempertemukan seluruh alumni dari seluruh Indinesia, baik yang ada di Jakarta maupun diluar Jakarta dalam mempererat silaturrahmi dan persahabatan. "Saya senang sekali bertemu dengan seluruh teman-teman alumni, salam kenal, salam persahabatan," tutur Sapa Arcandra Tahar yang juga Alumni ITB angkatan 89