Sukses

Tak Lagi Melempem, AC Milan Ikat Gattuso hingga 2020?

Liputan6.com, Milan - AC Milan tengah mempertimbangkan untuk menambah kontrak kerja Gennaro Gattuso hingga 2020. Niat ini muncul usai rentetan hasil positif yang didapat dalam delapan laga terakhir.

Tuttomercatoweb melaporkan, para petinggi klub sangat puas dengan perkembangan yang ditunjukkan AC Milan di bawah Gattuso. Sempat kesulitan di awal kedatangannya, pelatih yang merupakan mantan gelandang AC Milan itu mulai memberikan buah manis.

Terhitung sejak akhir Desember, I Rossoneri tidak pernah lagi menelan kekalahan. Mereka meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang. Kemenangan telak 4-0 di laga terakhir melawan SPAL membuat Gattuso semakin dipercaya.

Gattuso ditunjuk sebagai pelatih AC Milan pada 27 November 2017, menggantikan Vincenzo Montella yang dianggap gagal membawa I Rossoneri bangkit.

Saat ini, masa kontraknya berlaku hingga Juni 2019. Sebelumnya, ia sempat ditunjuk untuk menangani tim Primavera Milan. Namun, tugas itu hanya diembannya selamanya tiga bulan.

Di awal penunjukannya, banyak pihak yang meragukan Gattuso. Namun, itu wajar mengingat Rino--sapaan Gattuso--masih minim pengalaman melatih. Dalam karier kepelatihannya, ia hanya sempat melatih FC Sion, Palermo, Pisa, dan OFI Crete dalam waktu singkat.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Dekati Liga Europa

Dengan kemenangan 4-0 atas SPAL hari Sabtu, AC Milan naik ke peringkat tujuh klasemen sementara dengan 38 poin. Mereka hanya terpaut tiga angka dari Sampdoria yang berada di batas akhir zona Liga Europa.

Sementara dengan Lazio, yang berada di peringkat empat, atau batas akhir zona Liga Champions, mereka terpaut delapan poin.

Kondisi ini membuat peluang AC Milan untuk menembus empat besar di akhir musim kembali terbuka. Apalagi, Serie A masih menyisakan 14 pertandingan lagi.

“Hal yang paling penting adalah kegigihan, dan jangan berpikir kalau semua masalah kami sudah teratasi. Saya ingatkan tim tentang bagaimana keadaan kami dua bulan lalu, bagaimana dulu isu-isu berkembang. Maka dari itu saya tegaskan ini baru awal, bukan akhir,” ujar Gattuso, seperti dilansir Football Italia.

2 dari 3 halaman

Komentar Pemain

Para pemain yang tadinya sempat melempem, kini mulai menemukan irama permainannya. Misalnya Lucas Biglia. Gelandang yang direkrut dari Lazio di awal musim itu sukses mencetak gol perdananya saat menekuk SPAL.

“Saya senang, karena enam bulan pertama yang saya lewati tidak mudah. Saya berterima kasih pada Gattuso karena percaya pada saya selama periode kelam,” kata gelandang Timnas Argentina itu.

“Sejak menit pertama, Gattuso mencekoki pikiran kami dengan pengalamannya bermain. Setiap latihan dia selalu membuat kami melakukan hal di luar batas kami dan kami tidak punya waktu untuk santai,” Biglia menambahkan.

Sementara penyerang muda Patrick Cutrone, juga semakin menunjukkan kualitasnya di bawah asuhan Gattuso. Sejak dipromosikan di awal musim ini oleh Vincenzo Montella, ia sudah menyarangkan 12 gol sejauh ini.

“Saya berutang banyak pada Vincenzo Montella karena dialah yang meluncurkan karier saya. Tapi saya juga berutang pada Gattuso karena dia memainkan saya secara konsisten. Hubungan kami sangat baik. Saya selalu mendengarkannya dana saya suka caranya menyemangati saya sebelum pertandingan,” ujar Cutrone. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Pelatih AC Milan Klaim Tidak Akan Berlibur
Artikel Selanjutnya
Kesal Sering Blunder, Fans AC Milan Tolak Jersey Donnarumma