Sukses

5 Laga Final Klasik Sevilla Vs Barcelona

Barcelona - Barcelona berjumpa dengan Sevilla pada final Copa del Rey 2017-2018. Tiket final masuk genggaman Barcelona setelah menyingkirkan Valencia dengan agregat 3-0. 

Barcelona mengalahkan Valencia 2-0 pada laga leg kedua semifinal di Mestalla, Kamis (8/2/2018) atau Jumat (9/2/2018) dini hari WIB. Pada laga sebelumnya di Camp Nou, Barca juga menang, dengan skor tipis 1-0. 

Sevilla lebih dulu memastikan langkah ke partai puncak. Los Nervionenses melaju ke final setelah menyingkirkan Leganes.

Kedua tim akan bertemu di final Copa del Rey 2017-2018 pada 21 April. Bentrok kedua klub tersebut bakal menjadi sebuah laga klasik. 

VIDEO: Philippe Coutinho Cetak Gol Perdana untuk Barcelona https://t.co/kFDglRpQqa

Kedua tim sudah lima kali bertemu pada partai penentuan dalam seabad teakhir. Mereka saling jegal di Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan juga pernah berjumpa di partai puncak Copa del Rey. 

Bagaimana hasilnya? Rekam sejarah mencatat Barcelona mampu memenangi empat dari lima partai krusial dan klasik tersebut. 

Namun, bukan berarti Sevilla bakal dalam posisi inferior pada laga final Copa del Rey musim ini. Kans menang dan merengkuh trofi masih terbuka lebar. 

Berikut ini lima laga klasik antara Barcelona dan Sevilla, seperti dilansir Marca

 

1 dari 6 halaman

1. Final Piala EVA 1948

Barcelona dan Sevilla kali pertama saling jegal di final pada Desember 1948, tepatnya pada Piala EVA. Kompetisi tersebut digelar antara periode 1947 hingga 1953. 

Saat itu Barcelona berhasil menjadi pemenang dengan skor 1-0. Piala EVA merupakan cikal bakal turnamen yang kini menjadi Piala Super Spanyol. 

 

2 dari 6 halaman

2. Piala Super Eropa 2006

Setelah final Piala EVA, kedua tim baru bertemu lagi pada partai penting perebutan gelar 58 tahun berselang. Pertemuan tim Andalusia dan Catalan tersebut terjadi pada Agustus 2006. 

Barcelona saling jegal pada Piala Super Eropa di Stade Louis II, Monaco. Kali ini, Sevilla keluar sebagai pemenang dengan skor telak 3-0. Tiga gol Sevilla masing-masing dilesakkan Renato, Frederic Kanoute, dan Enzo Maresca. 

 

3 dari 6 halaman

3. Piala Super Spanyol 2010

Pada Agustus 2010, Barcelona dan Sevilla untuk kali pertama berjumpa di Piala Super Spanyol. Sevilla mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah leg pertama. Kans tersebut tak disia-siakan Sevilla dengan memetik kemenangan 3-1. 

Namun, kemenangan besar itu menjadi sia-sia setelah mereka kalah telak dalam laga tandang di Camp Nou pada leg kedua. Kali ini, Barca menang besar 4-0. Alhasil, trofi menjadi milik Tim Catalan berkat kemenangan dengan agregat 5-3. 

 

4 dari 6 halaman

4. Piala Super Eropa 2015

Barcelona dan Sevilla kembali bertemu di Piala Super Eropa. Kali ini, pada 11 Agustus 2015 di Boris Paichadze Dinamo Arena, Georgia. Itu merupakan edisi ke-40 Piala Super Eropa yang mempertemukan kampiun Liga Champions (Barcelona) dan Liga Europa (Sevilla). 

Pertandingan tersebut berlangsung sangat ketat. Namun, pasukan Luis Enrique akhirnya bisa memenangi pertandingan. Laga ketat tersebut dimenangi Barca dengan skor 5-4. 

 

 

5 dari 6 halaman

5. Piala Super Eropa 2016

Final teranyar yang mempertemukan Barcelona dan Sevilla terjadi pada Mei 2018, yaitu di partai puncak Copa del Rey, yang berlangsung di Vicente Calderon.  Barcelona memenangi laga tersebut dengan skor 2-0. 

 

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Jadwal Final Liga Champions: Sengit Real Madrid Vs Liverpool
Artikel Selanjutnya
Final Liga Europa: Rekor Buruk Marseille, Atletico Madrid Lebih Teruji