Sukses

Pelatih Timnas Malaysia Berguru ke Atletico Madrid

Jakarta - Presiden FAM, Tunku Ismail Sultan Ibrahim, menyebut dirinya memberi kesempatan pada pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee, untuk memperdalam ilmu kepelatihan. Pelatih 47 tahun itu dikirim ke markas klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid, guna menimba ilmu.

Tunku Ismail menjelaskan kebijakan ini akan membantu Ong Kim Swee memperbaiki metode kepelatihannya untuk membawa Timnas Malaysia U-23 ke level selanjutnya.

"Kim Swee akan bertolak ke Spanyol pada Maret 2018. Dia akan di sana selama satu atau dua bulan. Hal ini telah direncanakan sejak enam bulan lalu," kata Tunku Ismail seperti dikutip dari New Straits Times.

"Saya yakin hal ini akan membantunya memperbaiki semua aspek kepelatihannya, yang akan membawa dampak positif pada timnas U-23," lanjut Presiden FAM yang juga Putra Mahkota Johor itu.

Kesempatan memperdalam ilmu kepelatihan sebenarnya bukan kali ini saja diterima Ong Kim Swee. Pelatih asal Melaka ini pernah menimba ilmu di klub Inggris, Queens Park Rangers, pada 7 Februari-8 Maret 2017.

Tunku Ismail tak hanya sang pelatih yang mendapat pengalaman di luar negeri melainkan juga pasukan Kim Swee di Timnas Malaysia U-23. 

"Saya berharap semua pemain U-23 bisa bermain di luar negeri. Siapa pun yang mendapat kesempatan atau tawaran untuk bermain dalam level kompetisi yang lebih tinggi harus mengambil peluang itu, jangan tinggal di sini (Malaysia). Hal ini akan menguntungkan timnas di masa mendatang," lanjutnya.

Di bawah arahan Ong Kim Swee, Timnas Malaysia U-23 saat ini sedang jadi sorotan karena mencatatkan sejarah dengan melaju hingga perempat final Piala AFC U-23 2018. Langkah Malaysia di Piala AFC U-23 2018 terhenti setelah dikalahkan Korea Selatan dengan skor 1-2.

Meski begitu, optimisme mengapung setelah melihat penampilan Adam Nor Azlin dkk. selama turun di Piala AFC U-23 2018. Tergabung di Grup C, tim Harimau Malaya mampu menahan 1-1 Yordania dan mengalahkan Arab Saudi 1-0.

Ong Kim Swee menganggap kualitas tim asuhannya layak disejajarkan dengan kekuatan elite di pentas sepak bola Asia sehingga sudah saatnya menerima tantangan yang lebih tinggi, semisal tampil di Olimpiade 2020.

Di sisi lain, Tunku Ismail menambahkan dirinya sudah berbicang dengan pelatih Timnas Malaysia senior, Tan Cheng Hoe, untuk menilai dan memilih pemain U-23 yang siap bermain di timnas senior. 

"Pemain-pemain muda ini adalah masa depan. Itulah mengapa saya tidak terlalu memfokuskan pada timnas senior yang kami miliki sekarang ini. 

"Saya berharap Cheng Hoe akan memanggil beberapa pemain dari timnas U-23. Hal ini akan membantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak eksposur," imbuh Tunku Ismail.

Sumber: Bola.com

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Masalah Besar Timnas Malaysia U-23 Jelang Asian Games 2018
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia Gelar 4 Uji Coba Melawan Thailand