Sukses

Usai Timnas Islandia, SUGBK Bakal Gelar Laga Lain

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pertandingan sepak bola akan menguji ketangguhan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebelum Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Maklum, SUGBK bakal menjadi venue utama pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Uji coba kelaikan pertama yang berlangsung di SUGBK adalah partai persahabatan tim nasional (timnas) Indonesia melawan timnas Islandia, Minggu (14/1/2018). Tidak berhenti sampai di situ, SUGBK juga akan menggelar laga uji coba timnas sebelum Asian Games 2018 dimulai.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Winarto mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi segala sesuatu yang mungkin terjadi di SUGBK sebelum bergulirnya Asian Games 2018. Terutama yang terdekat jika ditemukan kerusakan pasca laga latih tanding timnas menghadapi Islandia.

"Diperbaiki kalau ada kerusakan. Kita sudah perjanjian dengan promotor partai timnas melawan Islandia. Kewajiban-kewajibannya apa saja," ujar Winarto ketika dihubungi Liputan6.com.

"Sudah ada jaminan dan kita juga sudah mengantisipasi. Jaminan kerusakan juga ada," katanya menambahkan.

 

1 dari 3 halaman

Pengelolaan SUGBK

Winarto terbuka dengan penggunaan SUGBK di luar pertandingan Timnas Indonesia maupun terkait Asian Games 2018. Pihak manapun yang ingin menyewa, kata Winarto, dapat mengajukan pemakaian SUGBK melalui dirinya, bukan institusi lain.

"Izin penggunaan SUGBK melalui PPK. Sudah clear dan diserahkan ke kita," Winarto menambahkan.

Winarto juga mempersilakan Persija Jakarta untuk bertanding di SUGBK pada Piala AFC 2018. Sebelumnya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu telah melakukan lobi tingkat tinggi ke Pemerintah Provinsi DKI.

2 dari 3 halaman

Diresmikan Presiden

Usai merampungkan renovasi, pembukaan kembali SUGBK bakal ditandai oleh partai persahabatan Timnas Indonesia melawan Islandia. Presiden Joko Widodo akan turut hadir sekaligus meresmikan stadion yang telah berdiri sejak 1962 lampau ini.

"Untuk SUGBK akan diresmikan tanggal 14 Januari pukul 18:00 WIB. Akan ada seremonial. setelah Presiden meresmikan, akan menyalami pemain," ujar Sri Hartoyo selaku Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Artikel Selanjutnya
Respons Luis Milla Usai Timnas Indonesia U-23 Ditantang Korea Selatan
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia U-23 Akan Tantang Korsel U-23