Sukses

Demi Kompetitif di MotoGP 2018, KTM Fokus Elektronik

KTM ingin meraih hasil lebih baik pada MotoGP 2018.

Liputan6.com, Sepang - MotoGP 2017 berakhir dengan manis bagi tim KTM. Dalam debut mereka di MotoGP, pembalap seperti Bradley Smith, Pol Espargaro, dan Mika Kallio tampil melampaui ekspektasi. Target yang mereka pasang mampu dilewati.

Sebelum memutuskan untuk turun ke MotoGP, KTM sudah terlibat dalam berbagai aktivitas olahraga motor dunia. Masuk ke MotoGP adalah bukti keseriusan mereka untuk menunjukkan dominasinya dalam dunia balap motor.

Sebagai tim baru, membawa dua pembalap utama melakoni balapan penuh sepanjang musim tanpa absen adalah prestasi yang luar biasa. Meski sebagian besar finis di luar 10 besar, tetap saja hal itu menjadi pencapaian membanggakan bagi KTM.

Untuk Espargaro, catatan terbaiknya adalah saat finis di urutan kesembilan MotoGP Republik Ceko dan Australia. Sedangkan catatan terbaik Smith adalah finis di urutan ke-10 MotoGP San Marino. Lalu catatan terbaik Kallio yang hanya tampil dalam empat balapan adalah finis di urutan ke-10 MotoGP Austria.

"Tujuan kami adalah menemukan 0,8 detik lebih cepat. Kami hanya melakukan beberapa modifikasi pada mesin. Kami telah mengganti motor dengan berbagai cara sehingga kami ingin merevisinya secara keseluruhan," kata Direktur KTM, Pit Beirer, dilansir Total Motorsport.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Besar

Ya, proyek besar mereka tengah dilanjutkan untuk menyambut musim 2018. Selain sedikit perubahan pada mesin, hal yang menjadi fokus mereka adalah terkait elektronik. Hal ini sangat penting bagi KTM untuk meningkatkan kecepatan saat balapan.

"Ini soal bagaimana kami meletakkan pengendalian di lintasan, seberapa cepat para pembalap keluar dari tikungan, dan seberapa besar kekuatannya saat kami menggunakan ban belakang. Kami perlu mengetahui berapa banyak daya dalam elektronik yang bisa diberikan kepada para pembalap," ujar Beirer.

Di sisi lain, belakangan ini tim asal Austria itu juga tengah dikaitkan dengan beberapa pembalap top. Rider seperti Marc Marquez dan Johann Zarco masuk dalam bidikan mereka. KTM ingin salah satu dari mereka datang untuk musim 2019.

 

3 dari 3 halaman

Profil KTM

Nama: Red Bull KTM Factory Racing

Asal: Munderfing, Austria

Principal: Pit Beirer

Pembalap: Bradley Smith (38), Pol Espargaro (44)

Motor: KTM RC16

Ban: Michelin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.