Sukses

Evaluasi Kondisi Folger, Tech 3 Tunggu Tes MotoGP di Sepang

Tech 3 menantikan aksi Folger pada tes MotoGP di Sepang.

Liputan6.com, Sepang - Yamaha Tech 3 belum bisa mengevaluasi kondisi Jonas Folger yang telah absen sejak sebelum MotoGP 2017 berakhir. Meski dilaporkan telah pulih, Tech 3 tetap butuh sebuah tes untuk mengetahui kondisinya.

Folger sendiri sudah absen dari lintasan MotoGP sejak jelang balapan Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, 15 November 2017. Saat itu ia didiagnosa terkena Epstein-Barr Virus (EBV). Virus tersebut membuat Folger terus merasa kelelahan.

Setelah menjalani pemeriksaan, Folger pun diminta untuk mundur dari balapan MotoGPJepang. Sejak itu, ia belum kembali beraksi di lintasan. Perannya saat itu digantikan Michael van der Mark, tapi hanya dalam dua balapan terakhir.

Kabarnya, ia sudah pulih dari virus tersebut sejak Natal. Namun, bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal tak mau terburu-buru mengambil kesimpulan. Setidaknya, ia harus terlebih dulu melihat pembalap 24 tahun itu beraksi dalam tes di Sirkuit Sepang, Malaysia, 28-30 Januari 2018.

"Sebelum Natal Jonas meyakinkan bahwa ia sekarang sudah 100 persen pulih. Jadi ia bisa melakukan latihan empat pekan sebelum tes pertama di Sepang. Semua orang di sekitar Jonas telah meyakinkan saya bahwa mereka bahagia karena semuanya berjalan sesuai rencana," kata Pocharal, dilansir Speedweek.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percaya Folger

Pembalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, punya cara unik untuk mempersiapkan diri menyambut MotoGP 2018 dengan berlatih di salju. (Instagram/@jonasfolger94)

Folger sendiri sudah melakukan berbagai upaya untuk tetap menjaga kondisi fisiknya. Salah satu yang dilakukannya adalah melakoni olahraga ski. Semua hal itu dilakukan agar kondisi fisiknya sempurna untuk mengikuti tes pramusim di Sepang.

Di sisi lain, penampilan pembalap asal Jerman itu sebagai rookie di MotoGP 2017 cukup mengesankan. Prestasi terbaiknya adalah finis sebagai runner-up pada balapan di negara asalnya. Saat itu ia hanya terpaut 3,310 detik dari Marc Marquez.

"Semua berita yang saya terima sangat positif. Saya belum kembali melihat Jonas sejak balapan Jepang. Saya lebih memilih untuk menunggu Sepang dan melihat bagaimana perasaan Jonas, seberapa bangganya ia dan apa yang bisa dilakukannya dengan motor," jelas Poncharal.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Folger di Semua Kelas

125cc: 53 balapan, 1 menang, 4 podium, 0 pole, 0 fastest lap, 304 poin

Moto3: 31 balapan, 1 menang, 8 podium, 4 pole, 1 fastest lap, 276 poin

Moto2: 54 balapan, 3 menang, 11 podium, 2 pole, 5 fastest lap, 393 poin

MotoGP: 13 balapan, 0 menang, 1 podium, 0 pole, 2 fastest lap, 84 poin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.