Sukses

Palembang Optimistis Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019

Liputan6.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin optimistis Palembang bisa menjadi tuan rumah MotoGP pada 2019. Sebab banyak hal yang sudah dilakukan, terutama dalam mendatangkan investor untuk menggelar ajang balap motor paling bergengsi itu.

"MotoGP ini memang luar biasa berat. Mengapa? Karena kami tidak punya uang. Andai saja diminta empat tahun lalu, tentunya tidak jadi masalah," kata Alex di Griya Agung Palembang, Rabu (27/12/2017), seperti dinukil dari Antara.

Karena itu, Alex sejak setahun ini bergerilya mencari investor untuk membangun sirkuit di atas lahan 120 hektare dan fasilitas pendukung lainnya. Sejauh ini, sudah ada tiga investor yang berminat dan akan diputuskan pemenangnya pada Januari 2018.

Sejumlah strategi sedang dijalankan untuk menarik investor, salah satunya dengan mendirikan Badan Usaha Milik Daerah PT Jakabaring Sport City. Melalui perusahaan daerah ini, diharapkan pengelolaan Kawasan Jakabaring Sport City menjadi lebih profesional karena telah berorientasi bisnis.

Teranyar, Alex menegaskan tidak masalah jika ada investor yang menginginkan satu kawasan di Jakabaring untuk sekaligus membangun hotel, lapangan golf, wahana hiburan, dan lainnya. "Tidak ada masalah asalkan hitung-hitungannya jelas," ujar Alex.

2 dari 3 halaman

Awal 2018

Sketsa Sirkuit Jakabaring Palembang yang rencananya bakal siap menggelar MotoGP 2019. (dok. Speedweek).

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sumsel Basyarrudin mengatakan pihaknya akan kembali mengajukan untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2019. "Kami telah memiliki konsultan asal Jerman, Hermann Tilke. Bahkan, kami juga sudah punya desain untuk sirkuit tersebut," ucapnya pada November lalu.

Ia bahkan menyebut rencana pembangunan Sirkuit Jakabaring telah masuk tahap detail engineering design. Saat ini, lanjutnya, pihak pemerintah daerah hanya perlu mencari sponsor atau investor untuk melakukan proses pembangunan.

"Kami telah memiliki approval dari Dorna selaku penyelenggara. Namun, kami belum bisa memastikan kapan pembangunan dimulai karena harus menunggu investor," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Tiga Kawasan

Pemprov Sumsel boleh saja mengklaim bisa menjadi tuan rumah MotoGP 2019. Namun otoritas penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, hingga kini belum memberikan rilis resmi perihal tempat pelaksanaan ajang tersebut pada dua tahun mendatang.

Meski sudah ada petunjuk lewat Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bahwa MotoGP akan digelar di Indonesia. Tapi, ada tiga tempat yang terus menjadi kajian Dorna Sport, yakni kawasan wisata Mandalika, Palembang, dan Sentul.