Sukses

Finalis Liga 2, Persebaya Tak Mau Sekadar Promosi

Persebaya bertekad kalahkan PSMS di final Liga 2 107.

Liputan6.com, Bandung - Persebaya Surabaya sudah memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan. Persebaya lolos ke final Liga 2 dan mesti berhadapan dengan PSMS Medan, Selasa (28/11/2017) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Baik PSMS maupun Persebaya sudah sama-sama mendapat tiket ke Liga 1 musim depan. Tapi, motivasi untuk menjadi juara Liga 2 tentu tak luntur.

Bagi Persebaya khususnya, setelah namanya dipulihkan dalam kongres PSSI dan bisa tampil di Liga 2 musim ini, motivasi berlipat. Tapi, tim berjulukan Bajul Ijo ini sempat terseok-seok di awal musim.

Selain imbang kontra Madiun Putra, Persebaya, yang saat itu masih ditangani Iwan Setiawan juga kalah dari Martapura. Persebaya sendiri tergabung di Grup 5 bersama Martapura, PSIM Yogyakarta, Persepam Madura, Persatu Tuban, Persinga Ngawi, Madiun Putra, dan PSBI Blitar.

Keseriusan manajemen Persebaya terlihat ketika memecat Iwan Setiawan, yang mengajak berkelahi bonek (sebutan pendukung Persebaya). Mereka menggantinya dengan Angela Alfredo Vera.

Alfredo Vera pelatih yang mengantarkan Persipura Jayapura juara Indonesia Soccer Championship 2016. Pelatih asal Argentina itu membuat Persebaya gemilang di laga-laga Liga 2 berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Motivasi Berlipat

Terbukti, Persebaya bangkit hingga akhirnya memuncaki Grup 5 dan lolos ke babak 16 besar Liga 2. Di babak 16 besar, Persebaya tergabung bersama Kalteng Putra, Persigo Semeru, dan PSBS Biak di Grup C.

Rendi Irwan dan kawan-kawan sesungguhnya tampil kurang meyakinkan di 16 besar. Persebaya lolos ke babak delapan besar dengan torehan pas-pasan di Grup C 16 besar.

Persebaya hanya dua kali menang, tiga kali imbang, dan sekali kalah. Tim asuhan Alfredo Vera akhirnya finis di posisi kedua Grup C dan lolos ke babak 8 besar karena menang selisih gol dari Persigo Semeru FC, yang sama-sama mengoleksi 9 poin.

Motivasi para pemain Persebaya pun berlipat dengan hasil tersebut. Dukungan bonekmania kian deras untuk kembali menyaksikan tim kesayangan mereka di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia

Pola 4-3-3 yang diterapkan Alfredo Vera terbukti cocok untuk Baju Ijo. Persebaya lolos ke semifinal Liga 2 dengan status juara Grup Y.

Klub Indonesia yang identik dengan warna hijau ini tampil sempurna dan belum terkalahkan sepanjang babak delapan besar Liga 2. Di babak semifinal, Persebaya berjumpa runner-up Grup X, Martapura FC.

 

3 dari 3 halaman

Starter Persebaya

Sukses Persebaya berlanjut di Liga 2 dengan mengalahkan Martapura FC 3-1 di semifinal. Bajul Ijo pun menggenggam tiket final Liga 2 sekaligus memastikan diri promosi ke Liga 1 musim depan.

Di final Liga 2, Persebaya bertemu PSMS Medan. Sederet pemain kunci Persebaya siap diandalkan seperti Fandry Imbiri, Irfan Jaya, Ricky Kayame, hingga Muhammad Hidayat.

Persebaya tentu tidak mau hanya sekadar promosi ke Liga 1 musim depan. Anak-anak asuhan Alfredo Vera sangat termotivasi menjadi juara Liga 2 dan membuktikan diri tim yang pantas untuk promosi.

Prediksi starter Persebaya Surabaya:

Persebaya: Miswar Saputra; Andri Muladi, Fandry Imbiri, M Irvan Febrianto, Abu Rizal Maulana; Adam Maula, M Hidayat, Rendi Irwan Saputra; Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, Ricky Kayame.

Pelatih: Angel Alfredo Vera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.