Sukses

4 Pemain Pengkhianat Persib dan Persija yang Masih Tersisa

Sebenarnya ada 34 pemain yang pernah membela Persib dan Persija.

Liputan6.com, Solo - Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/2017), menjanjikan pertarungan sengit. Terlebih beberapa pemain pernah membela kedua tim.

Sejak 1991 lalu, tercatat total ada 34 pengkhianat dalam laga panas ini. Dimulai saat Yudi Guntara yang perkuat Persija, menyeberang ke Kota Kembang pada 1991.

Jejaknya diikuti sejumlah pemain sampai era saat ini. Bahkan, sejak 2010 lalu, ada 11 pemain yang berkhianat meski tensi kedua klub terus meningkat.

Saat ini tersisa tinggal empat nama, dan salah satunya Atep Rizal. Sayangnya, Atep tak bisa dimainkan dalam laga nanti.

Padahal, nama Atep sebenarnya lebih terkenal saat Persija menemukannya pada 2004 lalu. Setelah perkuat tim sampai 2008, dia kemudian menyeberang ke Persib dan bertahan sampai saat ini.

Ada tiga nama lainnya yang tersisa. Siapa saja? Berikut kami sajikan daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raphael Maitimo

Maitimo boleh dibilang sering sekali berganti-ganti klub. Maklum, selama ini ia hanya mau dikontrak semusim oleh satu klub.

Pemain kelahiran Rotterdam itu pernah memperkuat Persija jakarta pada Piala Jenderal Sudirman 2015 lalu. Bahkan, kala itu Maitimo sukses cetak tiga gol buat Macan Kemayoran.

Namun kini, pemain naturaliasi tersebut sudah berganti kostum ke kubu Persib. Dia juga menyimpan bahaya, bahkan saat ini jadi top scorer tim dengan sembilan golnya.

3 dari 4 halaman

Maman Abdurrahman

Bek tangguh Persija ini juga pernah berkostum Persib pada musim 2008-2013. Bahkan Maman pernah jadi kapten Maung Bandung.

Padahal, dia merupakan pemain asli keturunan Betawi. Menariknya, Maman justru pernah menjadi juru penyelamat Persib dari kekalahan lawan Persija.

Kala itu, 27 Mei 2012, Maman cetak gol dua menit jelang bubaran dan memupuskan kemenangan Persija. Skor-pun berakhir 2-2 dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dia pindah ke ibukota awal tahun 2016 lalu.Namun akhir pekan nanti bakal jadi pertemuan ketiga Maman sebagai pemain Persija dengan Persib.

4 dari 4 halaman

Tony Sucipto

Pemain yang akrab dipanggil Toncip pernah menjadi bagian skuat bintang Persija musim 2010-2011. Dia sukses menjadi sosok penting Rahmad Darmawan bawa Persija finis ketiga kala itu.

Akan tetapi, pada akhir musim Persija dikabarkan telat bayar gaji para pemainnya. Sontak, hal itu membuat eksodus besar-besaran. Bahkan enam pemain mereka dibajak Persib.

Selain Toncip, ada pula Muhammad Ilham, Aliyudin, Abanda Herman, Muhammad Nasuha, dan Jendri Pitoy. Namun, cuma dia yang sampai sekarang masih bertahan dan jadi pemain utama di Persib Bandung.

Istimewanya, mantan pemain Sriwijaya FC tersebut juga berhasil membawa Persib juara Liga 2014 lalu. Jelas, dalam laga nanti, dia bisa jadi perhatian. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.