Sukses

4 Skenario Menuju Juara Dunia MotoGP 2017

MotoGP 2017 menyisakan satu balapan lagi di Valencia, Spanyol.

Liputan6.com, Sepang - Tak terasa MotoGP 2017 tinggal menyisakan satu putaran lagi di Grand Prix Valencia pada 12 November mendatang. Sirkuit Ricardo Tormo bakal dijadikan ajang penentuan siapa yang pantas meraih label juara dunia di kelas elit musim ini.

Sejauh ini, hanya dua pembalap yang berhak atas gelar MotoGP 2017, yakni Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Pembalap Repsol Honda itu punya peluang besar untuk mempertahankan statusnya sebagai juara dunia di kelas elit mengingat ia unggul 21 poin dari joki tim Ducati Corse.

Ada beberapa skenario muncul mengenai perhitungan poin di MotoGP Valencia nanti. Yang jelas, posisi Dovizioso tetap sulit lantaran dia hanya mengharapkan Marquez terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan.

"Saya tidak merasa senang dengan kemenangan di Sepang, karena kami tidak memiliki banyak keuntungan untuk dimainkan balapan di seri berikutnya," sesal Dovizioso. (David Permana)

Menarik untuk disimak pertarungan terakhir antara Dovizioso dan Marquez musim ini. Berikut 4 skenario perhitungan menuju Juara Dunia MotoGP 2017. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Skenario Perebutan Gelar Juara Dunia MotoGP 2017

1. Hanya ada satu kesempatan buat Andrea Dovizioso merebut gelar juara dunia MotoGP pertamanya, yakni ia harus memenangkan balapan di Valencia. Sementara posisi kedua tidak akan membantu Little Dragon, sebab poin yang didapat adalah 20 angka

2. Marc Marquez bisa mempertahankan gelar juara MotoGP dengan hanya finis di urutan 11. Meskipun Dovizioso meraih podium pertama dan rekor menang lebih banyak daripada musuh bebuyutannya (7-6) di musim ini, tapi Si Bayi Alien masih memiliki keunggulan 1 poin.

3. Marc Marquez gagal finis di Valencia, Dovizioso juara jika naik podium pertama. Marquez musim ini sudah tiga kali gagal finis yakni di Argentina, Prancis, dan Inggris (Silverstone).

4. Marc Marquez gagal finis tapi tetap menjadi juara dunia bila Dovizioso tidak mampu naik podium pertama di MotoGP Valencia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.