Sukses

Indra Sjafri Bakal Coba Formasi Baru untuk Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, melempar sinyal bakal kembali mengubah formasi permainan tim asuhannya.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 siap duel lawan Kamboja dan Thailand sebagai bagian persiapan putaran final Piala Asia U-19 2018. Dua laga uji coba ini akan digelar 4 dan 8 Oktober di Bekasi.

Bagi pelatin Indra Sjafri, dua laga ini bisa dijadikan media untuk terus mengasah komposisi timnya. Itulah ada indikasi Indra akan kembali mengubah skema permainan pasukan Garuda Nusantara.

Sebelumnya, Indra sempat menggunakan dua formasi berbeda di dua ajang yang diikuti timnas Indonesia U-19. Saat menjalani turnamen di Toulon, Prancis, Indra Sjafri menerapkan formasi 4-3-3 sebagai dasar permainan tim. Sementara di Piala AFF U-18 2017, Indra Sjafri menerapkan formasi 4-1-3-1-1.

"Sebagai pelatih tim usia muda, sudah tentu saya harus membuat pemain banyak belajar, termasuk mempelajari macam-macam taktik. Masalah formasi bukan saya sebagai pelatih yang akan membuatnya, tapi pemain yang siap bermain yang akan cocok dengan formasi seperti apa, itu yang akan kami siapkan," ujar Indra.

Indra menggambarkan bagaimana tim asuhannya masih mencari formasi yang cocok untuk digunakan dalam setiap komposisi pemain yang berbeda.

Namun, mantan pelatih Bali United itu menekankan setelah mempelajari beragam formasi, Timnas Indonesia U-19 akan mendapatkan satu yang terbaik.

"Saat ini waktunya para pemain untuk mempelajari banyak hal termasuk formasi. Suatu saat nanti, kami akan menemukan satu cara bermain yang terbaik untuk tim ini," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemusatan Latihan di Yogyakarta

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga uji coba kontra Kamboja di Stadion Patriot Candrahaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017). Kemudian laga uji coba kontra Thailand U-19 dilakukan di Stadion Wbawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017).

Setelah dua laga uji coba tersebut, Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta dan di Batu sebelym terbang ke Korea Selatan untuk menjalani Kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.