Sukses

Purworejo Ingin Populerkan Gowes Pesona Nusantara

Purworejo berniat untuk membuat program Gowes Tiga Negara setelah Gowes Pesona Nusantara.

Liputan6.com, Purworejo - Purworejo ingin mempopulerkan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang sudah dicanangkan Kemenpora dengan membuat program baru. Pemerintah kabupaten Purworejo berencana untuk menggelar Gowes Tiga Negara pada akhir 2017.

Tiga negara yang dimaksud yaitu Indonesia, Malaysia dan Singapura. Ini juga menjadi salah satu upaya dari Purworejo untuk menyambut pencangan hari bersepeda nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian usai melepas peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Pendopo Kabupaten Purworejo, Minggu (3/9/2017).

"Kami akan mulai kegiatan Gowes Tiga Negara itu pada akhir 2017. Kegiatan itu akan diikuti para peserta dari berbagai komunitas pesepeda Purworejo dan sekitarnya," ujarnya seperti rilis yang diterima media.

Pemerintah Kabupaten Purworejo, lanjut Agus, memang tengah menumbuhkan kegiatan olahraga sepeda sebagai salah satu langkah meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga sekaligus mempromosikan pariwisata lokal.

"Kami menyambut pencanangan hari bersepeda nasional karena kegiatan itu akan meningkatkan kesehatan masyarakat. Bersepeda adalah olahraga yang telah membudaya di masyarakat Indonesia," ucapnya, menambahkan.

Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Purworejo melibatkan lebih dari 4.000 peserta baik dari Purworejo maupun dari daerah-daerah di sekitarnya seperti Kebumen, Magelang, maupun Wonosobo, Jawa Tengah.

Saksikan juga video di bawah ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempuh 30 Kilometer

Para peserta Gowes Pesona Nusantara mulai perjalanan mereka dari Pendopo Kabupaten Purworejo menuju Pantai Jatimalang dengan menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer.

"Kami berterimakasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga karena telah memilih Kabupaten Purworejo sebagai salah satu lokasi dari 90 titik pelaksanaan program Gowes Pesona Nusantara di Indonesia. Semoga program ini juga semakin menumbuhkan kebersamaan di antara masyarakat Purworejo," ujar Agus.

Gowes Pesona Nusantara melalui 90 kota dan kabupaten di Indonesia. Program Gowes itu akan berakhir di Magelang pada tanggal 9 September dan menjadi momentum peringatan Hari Olahraga Nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.