Sukses

MotoGP Inggris: Michelin Siapkan Ban Khusus

MotoGP Inggris digelar akhir pekan ini di Sirkuit Silverstone.

Liputan6.com, London - Pergelaran MotoGP Inggris akhir pekan ini akan menempatkan tuntutan khusus pada ban Michelin. Pasalnya,  ini merupakan salah satu trek tercepat yang terdapat di kalender kejuaraan grand prix balap motor.

Tidak hanya keunikan yang ditawarkan lintasan sepanjang 4,2 km saja, masalah cuaca juga menjadi pertimbangan untuk memilih ban. Kendati terkesan rumit, namun manajer Michelin, Piero Taramasso tetap yakin mereka bisa memberikan penawaran ban yang baik.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di MotoGP Inggris, perusahaan asal Prancis akan membawa spesifikasi ban kompon lembut, sedang, dan keras, baik untuk bagian depan maupun belakang dengan penambahan asimetris.

Sisi kanan ban itu akan menjadi senyawa yang lebih sulit, dengan bahu yang lebih lembut di sebelah kiri. Hal ini dirancang untuk pemanasan lebih cepat dan memberi kenyamanan dan kepercayaan yang lebih besar terhadap pembalap.

Michelin juga akan membawa ban basah lembut dan ekstra, dengan semua spesifikasi karet simetris.

"Silverstone adalah salah satu trek tercepat di kalender dan memberi para pembalap peluang untuk menggeber habis motornya. Sirkuit ini sangat teknis yang memerlukan perhatian khusus untuk menghasilkan putaran yang bagus," ujar Taramasso seperti dikutip dari Motorcyclenews.

"Trek ini sangat terbuka mengingat balapan berlangsung di ketinggian dan angin bisa menjadi masalah dan bisa membuat permukaan jalur cukup dingin. Seperti biasa, kami memiliki ancaman cuaca yang berubah-ubah di Inggris, jadi kami harus siap menghadapi semua kemungkinan, karena diketahui saat ini sangat kondisi cuaca di sana sangat panas tahun ini. Kami percaya ban kami akan sesuai dengan tata letak trek, dan aspalnya," Taramasso mengakhiri. (David Permana)

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.