Sukses

MotoGP: Bantuan Rossi Jadi Kunci Sukses Podium Vinales

Vinales mengaku melakukan apa yang dilakukan Rossi pada MotoGP Ceko.

Liputan6.com, Brno - Merebut podium ketiga MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), adalah hasil yang memuaskan bagi Maverick Vinales. Pasalnya, balapan berlangsung dalam kondisi yang tak bersahabat.

Vinales sendiri harus memulai balapan MotoGP Ceko dari urutan ketujuh. Hasil itu sampai membuat Vinales menilai kualifikasi MotoGP Ceko adalah hasil terburuknya bersama Yamaha. Untungnya, ia sedikit diuntungkan dalam balapan flag to flag.

Ia menjadi pembalap yang lebih dulu mengganti motornya dengan ban kering dibandingkan beberapa rivalnya, termasuk Valentino Rossi. Dengan sedikit perjuangan, ia pun bisa mengamankan podium ketiga meski terpaut 18,135 detik dari Marc Marquez.

Bagi Vinales, itu adalah podium perdananya setelah tiga balapan sebelumnya berakhir mengecewakan. Pasca menjadi runner-up di Mugello, Italia, Vinales hanya bisa finis di urutan ke-10 Catalunya, gagal finis di Belanda, dan keempat di Jerman.

"Saya pikir kami kembali menemukan caranya. Rossi membantu kami untuk menemukan itu. Kami mencoba pengaturan yang sangat mirip dengannya dan kami melakukannya dengan baik. Kami juga menggunakan sasis yang sama sepertinya," kata Vinales, dilansir Motorsport. 



Berkat hasil MotoGP Ceko, pembalap asal Spanyol itu masih mampu menempel laju Marquez di puncak klasemen. Meski melebar menjadi 14 poin, setidaknya masih ada peluang bagi Vinales untuk terus menekan The Baby Alien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Percaya Diri

Total, sudah lima podium dikumpulkan pembalap berusia 22 tahun itu. Tiga di antaranya berupa podium juara MotoGP Qatar, Argentina, dan Prancis, jumlah yang sama seperti didapat Marquez.

"Saya merasa sangat bagus dalam kering, seperti di awal musim ini. Saya meningkatkan kepercayaan diri dan saya merasa kuat dalam pertarungan gelar. Lap pertama sangat berat karena sulit mendapatkan suhu pada ban dan saya tidak memiliki perasaan. Mendapatkan podium sangat bagus, hampir seperti menang" ungkap Vinales.

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (Michal Cizek / AFP)

"Sekarang saatnya untuk memulihkan perasaan seperti pada awal musim. Itu benar-benar penting. Kami harus bekerja sangat keras untuk menemukan solusi pada sasis, suspensi, dan segalanya untuk menjaga tingkat bagus ini sampai akhir musim," ia menambahkan. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.