Sukses

Perbandingan 4 Pembalap Teratas MotoGP di 2016 dan 2017

Ada banyak perbedaan antara pembalap di MotoGP 2016 dan 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa terasa gelaran MotoGP 2017 sudah berjalan sembilan seri balapan di paruh musim. Empat pembalap berbeda telah mengambil tempat di podium pertama, yakni Maverick Vinales, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi.

Marquez memimpin klasemen sementara dengan raihan 129 poin. Capaian itu didapatnya saat dia memborong lima podium di mana dua diantaranya berhasil memenangkan balapan di Austin dan Sachsenring.

Tapi jika melihat perbandingan dengan musim lalu. Rapor Marquez di musim ini terbilang buruk, sebab di musim lalu dia berhasil mencetak 8 kali podium dan tiga kali memenangkan balapan.

Penurunan performa ini disebabkan oleh kehadiran sejumlah pembalap debutan di MotoGP seperti Johann Zarco dan Jonas Folger yang mampu memberikan perlawanan sengit selama paruh musim MotoGP 2017. Belum lagi jika berbicara tentang Dovizioso dan Vinales.

Kedua pembalap itu sudah mengalami peningkatan yang pesat. Vinales misalnya, sejak bergabung dengan tim Yamaha di musim ini dia telah mengoleksi tiga kemenangan. Itu bisa dikatakan sebuah prestasi yang membanggakan mengingat selama dua musim membela Suzuki, Top Gun belum pernah meraih kesuksesan itu.

Di bagian terpisah, Dovizioso juga mempunyai catatan mentereng di musim ini. Selama lima musim berada di tim Ducati, baru kali ini dia mencetak dua kemenangan. Itu sebabnya, mengapa persaingan MotoGP tahun ini banyak menyedot perhatian penggemar balap motor di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbandingan

Berikut perbandingan musim 2016 dan 2017:

2016

Marc Marquez

Mencetak 8 kali podium dan merebut tiga kemenangan di paruh pertama
Poin: 170

Maverick Vinales

Mencetak 1 kali podium di paruh pertama
Poin: 83

Andrea Dovizioso

Mencetak dua kali podium di paruh pertama
Poin: 59

Valentino Rossi

Mencetak empat kali podium dan merebut dua kemenangan di paruh pertama
Poin: 111

2017

Marc Marquez

Mencetak 5 kali podium dan merebut dua kemenangan di paruh pertama
Poin: 129

Maverick Vinales

Mencetak 4 kali podium dan merebut tiga kemenangan di paruh pertama
Poin: 124

Andrea Dovizioso

Mencetak 3 kali podium dan merebut dua kemenangan di paruh pertama
Poin: 123

Valentino Rossi

Mencetak 4 kali podium dan merebut satu kemenangan di paruh pertama
Poin: 119

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.