Sukses

Perenang SEA Games Puas dengan Kehadiran Pelatih Asing

Liputan6.com, Jakarta- Perenang Indonesia spesialis gaya punggung, Siman Sudartawa, senang dengan kehadiran pelatih asing. Dia menilai pelatih asing berpengaruh besar bagi para atlet dalam persiapan menghadapi SEA Games 2017.

Selama sembilan bulan terakhir, perenang Indonesia yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017 ditangani dua pelatih asing, yaitu David Armandoni dari Prancis dan Grant Stoelwinder dari Australia.

David Armandoni mendapat tugas menangani atlet-atlet renang dengan jarak menengah dan panjang. Sementara itu, Grant Stoelwinder menangani Siman Sudartawa dkk pada kategori sprinter. Stoelwinder sudah datang bergabung sejak Oktober 2016.

"Pengaruhnya besar sekali. Kami mendapatkan banyak pengalaman baru. Sejak saya berlatih di Australia pada tahun lalu hingga kini ada pelatih asing di sini, saya banyak mendapatkan pengalaman baru dari jenis latihan dan program yang sangat jauh berbeda dibanding sebelumnya," kata Siman Sudartawa saat ditemui Bola.com, di sela-sela aktivitasnya mengikuti pelatnas di Bali, Sabtu (8/7/2017).

"Mereka lebih mementingkan recovery atlet. Secara kebugaran pun mereka memiliki metode latihan yang berbeda. Jadi itu pengalaman dan ilmu baru yang kami dapatkan dari pelatih asing. Selain itu ada ilmu yang kami dapatkan soal vitamin yang sudah mereka gunakan sejak 2004 hingga 2008. Sementara kami baru mengetahuinya belum lama ini," lanjut perenang berusia 23 tahun itu.

Kehadiran Grant Stoelwinder menangani para sprinter Indonesia pun membuat Siman optimistis menghadapi SEA Games 2017.

"Saya optimistis menghadapi SEA Games. Sejak awal tahun saya berhasil memecahkan rekor nasional setelah bersama pelatih baru. Dari awal tahun untuk nomor 50 meter saya sudah empat kali memecahkan rekor nasional yang saya miliki. Sementara untuk 100 meter saya baru melakukannya satu kali," ujar pperenang asal Bali itu.

Siman Sudartawa akan mempertajam persiapan menghadapi SEA Games 2017 dengan turun di Kejuaraan Dunia Renang 2017 di Budapest, Hungaria. Dia menargetkan kembali memecahkan rekor nasional sebagai modal medali pada SEA Games 2017.

(Artikel asli ditulis Benediktus Gerendo/Diedit oleh Yus Mei/Bola.com)

Saksikan video menarik berikut ini:

Loading