Sukses

3 Posisi yang Harus Dibenahi AC Milan Musim Depan

AC Milan diprediksi bakal belanja besar-besaran di musim panas ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang menyebut 2016/2017 sebagai musim penuh keberuntungan bagi AC Milan. Meski tampil buruk, tim asuhan Vincenzo Montella itu tetap mampu mengamankan tiket tampil di Liga Europa 2017/2018.

Kesuksesan AC Milan itu tak lepas dari bantuan Lazio yang melaju ke final Coppa Italia dan menyegel zona Liga Europa di urutan kelima Serie A. Artinya, tiket tampil di Liga Europa lewat Serie A pun diserahkan kepada AC Milan yang finis di posisi keenam.

Meski terkesan beruntung, tim asuhan Vincenzo Montella itu tetap harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum tampil di Liga Europa. Terlebih kini Liga Europa telah menjadi kompetisi favorit setelah sang pemenang berhak mendapatkan tiket Liga Champions.

AC Milan yang baru saja mengalami perubahan dari sisi manajemen dan kepemilikan pun harus menyoroti beberapa sektor yang harus dibenahi. Setidaknya ada tiga posisi di mana I Rossoneri harus menghadirkan sosok baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Penyerang Tengah

Alvaro Morata (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Serangan memang menjadi masalah utama Milan di musim lalu. Di antara penghuni sembilan besar Serie A, Milan adalah tim dengan catatan produktivitas paling buruk. Dari 38 laga Serie A, hanya 57 gol yang bisa dicetak Milan.

Permasalahan itu karena Milan tak memiliki penyerang tengah yang bisa diandalkan di setiap laga. Carlos Bacca hanya menyumbang 13 gol meski dimainkan dalam 32 laga.

Gianluca Lapadula yang mengemas 30 gol di Serie B 2015/2016 juga tak cukup membantu. Dari 27 laga, hanya delapan gol yang bisa disumbang penyerang berusia 27 tahun itu. Solusinya, Milan harus mendatangkan penyerang tengah baru.

Belakangan ini upaya mereka untuk memenuhi kebutuhan itu memang sudah terlihat. Mereka terlibat pembicaraan intens dengan striker Real Madrid, Alvaro Morata. Mereka juga tengah mengupayakan transfer Andrea Belotti dari Torino.

3 dari 4 halaman

2. Gelandang Serang

Keisuke Honda (AFP / Olivier Morin)

Ini menjadi posisi yang tak kalah penting ketimbang penyerang tengah bagi AC Milan. Apalagi besar kemungkinan Milan ditinggal dua pemain andalan di posisi tersebut. Mereka adalah Gerard Deulofeu dan Matias Fernandez.

Masa peminjaman kedua pemain tersebut memang berakhir pada akhir musim 2016/2017. Deulofeu kembali ke Everton dan Fernandez balik ke Fiorentina. Ditambah, Keisuke Honda sudah memutuskan untuk pergi dari AC Milan.

Milan memang baru saja mendatangkan Franck Kessie daru Atalanta. Namun, pemain berusia 20 tahun itu lebih berposisi sebagai gelandang bertahan ketimbang serang. Tapi sesekali ia bisa membantu serangan. Buktinya, ia mencetak enam gol di musim 2016/2017.

4 dari 4 halaman

3. Bek Kiri

Ricardo Rodriguez (AFP/Christof Stache)

Lini belakang juga menjadi fokus utama AC Milan di musim panas ini. Buktinya, mereka mendatangkan Mateo Musacchio dari Villarreal dengan biaya 18 juta euro. Tapi bukan hanya bek tengah yang harus dibenahi, tapi juga bek kiri.

Itu mengapa mereka dilaporkan segera merekrut Ricardo Rodriguez dari VfL Wolfsburg. Sport Mediaset melaporkan Milan sudah berhasil mencapai kata sepakat dengan Wolfsburg.

Kontrak personal dengan sang pemain juga sudah diselesaikan. Rodriguez pada pekan ini akan resmi menjadi milik Milan. Pemain asal Swiss itu dijadwalkan akan menjalani tes medis bersama Milan pada Selasa (6/6/2017) atau Rabu. Jika lolos, Rodriguez akan resmi jadi milik Milan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.