Sukses

MotoGP Italia: Misi Rossi Hentikan Tren Buruk di Mugello

Balapan di MotoGP Italia dalam beberapa tahun terakhir justru kerap menimbulkan kesialan bagi Rossi.

Liputan6.com, Scarperia - Meski berstatus King of Mugello, Valentino Rossi justru sudah tak lama mendapatkan hasil bagus pada MotoGP Italia. Kesempatan untuk mengakhiri catatan buruk itu didapat Rossi pada balapan kali ini, Minggu (4/6/2017).

Tak ada pembalap di semua kelas, termasuk MotoGP, yang meraih kesuksesan di Mugello sebanyak Rossi. Tercatat, pembalap 38 tahun itu sudah mengoleksi sembilan kemenangan di Mugello. Bahkan, tujuh di antaranya didapat pada MotoGP 2002-2008.

Sayang, rapor Rossi di Mugello sejak kemenangan pada musim 2008 tak lagi mengagumkan. Catatan terbaiknya hanya podium ketiga musim 2009, dan 2014. Bahkan, dia juga sempat dua kali gagal finis, salah satunya saat mendapatkan masalah mesin pada musim 2016.

Karena itulah, Rossi bertekad memperbaiki catatannya pada balapan kali ini. Apalagi, dia bakal beraksi di hadapan fans yang siap memadati perbukitan Mugello.

Dalam upaya mewujudkan hal itu, Rossi juga harus mendapatkan ujian jelang MotoGP Italia 2017. Dia sempat dirawat akibat kecelakaan saat berlatih motorcross. Setelah sempat dirawat, dia akhirnya diizinkan pulang.

Kondisinya memang membaik, tapi Rossi juga sempat diragukan tampil di MotoGP Italia 2017. Untungnya, dia bisa melewati tes kesehatan. Setelah sempat tertatih-tatih pada latihan bebas pertama dan kedua karena menahan rasa sakit, dia mulai menemukan kecepatan terbaiknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Start Bagus

Puncaknya adalah ketika dia sukses mengamankan posisi kedua kualifikasi MotoGP Italia, Sabtu (3/6/2017). Dengan kondisi fisiknya, Rossi masih mampu menempel Maverick Vinales dengan jarak 0,239 detik. Dengan kondisi itu, peluang Rossi merebut podium juara jelas terbuka.

Aksi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada kualifikasi MotoGP Italia 2017 di Sirkuit Mugello. (TIZIANA FABI / AFP)

"Ya, selalu emosional. Saya beruntung karena punya banyak penggemar di dunia, tapi di Italia selalu spesial. Mugello juga tempat yang spesial karena topografi perbukitan di sekitar lintasan, Anda bisa melihat para penggemar saat mengendarai motor," kata Rossi.

Untuk memuluskan misi mengakhiri tren buruk di Mugello, start akan menjadi bagian paling vital bagi Rossi. Untung bagi Rossi, pembalap seperti Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo yang terkadang punya start bagus akan memulai balapan di belakangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.