Sukses

Siapa yang Akan Mewarisi Nomor 10 di Real Madrid?

Nomor 10 di Real Madrid akan segera lowong jika James Rodriguez pergi pada musim panas 2017.

Liputan6.com, Madrid - James Rodriguez dikabarkan akan meninggalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2017. Pemain Timnas Kolombia itu telah melambaikan tangan kepada fans Los Blancos, yang diduga sebagai salam perpisahan, pada laga menghadapi Sevilla di Santiago Bernabeu, Senin (15/5/2017) lalu.

Jika James pergi, maka jersey nomor 10 di Real Madrid bakal segera lowong. Gelandang 25 tahun tersebut mengenakan nomor itu sejak didatangkan dari AS Monaco pada musim panas 2014 lalu. Sebelumnya, nomor itu dipakai Mesut Ozil yang pindah ke Arsenal pada 2013. Selama satu musim, nomor itu tidak ada yang memakainya.

Ada sejumlah kandidat yang dapat mewarisi nomor 10. Luka Modric, salah satunya. Dia memakai nomor 10 di Timnas Kroasia. Sementara Marco Asensio mengenakan nomor untuk Timnas U-19 Spanyol.

Isco mengenakan nomor 22. Tetapi, dia bermain dengan nomor 10 di punggungnya dalam sejumlah laga Timnas Spanyol U-21. Satu nama lainnya yang berpotensi mengenakan nomor 10 adalah Kylian Mbappe. Dengan catatan, Madrid sukses memboyong striker 18 tahun itu dari AS Monaco pada musim panas 2017.

Nomor 10 di Real Madrid selalu dipakai nama-nama besar, kecuali antara musim 2009 dan 2011 saat Lassana Diarra memakai nomor tersebut. Sebelumnya, nomor tersebut dipakai Michael Laudrup, Clarence Seedorf, Luis Figo, Robinho, Wesley Sneijder, dan Mesut Ozil. Mundur ke belakang, ada Puskas, Netzer, Hagi dan Prosincki yang memiliki nomor tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nomor Kutukan?

Sejak dipakai Luis Figo, tidak ada yang pernah sukses dengan nomor 10 di Real Madrid. Sejak 2005 nomor itu dikenakan oleh Robinho, Sneijder, Lassana, dan Ozil.

Robinho tidak bisa menunjukan penampilannya yang konsisten. Setelah tiga tahun mengenankan nomor itu, dia hengkang ke Manchester City.

Setelah Robinho, Sneijder lantas mengenakan nomor tersebut. Hasilnya, pemain Timnas Belanda itu juga gagal menunjukkan
performa terbaiknya tidak seperti musim sebelumnya saat dia memakai nomor 23. Sneijder lalu dijual ke Inter Milan. Uniknya, dia menggunakan nomor 10 juga tetapi malah sukses dengan meraih treble winners bersama klub Itali itu.

Selanjutnya ada Lassana Diarra. Sebelumnya, ia mengenakan nomor 6. Setelah Sneijder pindah, tidak ada satu pemain di Real Madrid yang mau menggunakan nomor 10. Lassana pun memakai nomor tersebut. Dampaknya, penampilannya turun dratis.

Selanjutnya Mesut Ozil didaulat mengenakan nomor tersebut. Ozil, yang tadinya mengenakan nomor 23, menjadi raja assists di Eropa pada musim sebelumnya. Percaya atau tidak, penampilan Ozil justru melempem.

Sejak 2014, nomor itu dikenakan James. Sejak didatangkan dari Monaco, gelandang 25 tahun itu sulit mendapatkan tempat di skuat Real Madrid, mulai dari era pelatih Carlo Ancelotti hingga Zinedine Zidane.

Kurangnya waktu bermain membuat James ingin hengkang pada akhir musim ini. Dia telah dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini