Sukses

5 Pemain Timnas Jerman di MLS

Liputan6.com, Manchester - Bastian Schweinsteiger resmi meninggalkan Manchester United (MU). Pemain Timnas Jerman itu memilih Chicago Fire sebagai pelabuhan baru.

Merasa tidak dibutuhkan MU, pemain berusia 32 tahun tersebut berharap dapat memainkan peran lebih besar untuk Fire.

"Terima kasih kepada suporter MU. Mereka membuat saja merasa istimewa. Sayang, inilah waktu tempat untuk pergi," kata Schweinsteiger, dilansir situs resmi klub.

Dengan transfer ini, Schweinsteiger menjadi pemain Jerman ke-15 yang menjajal Major League Soccer (MLS). Secara spesifik, dia menjadi pesepakbola Timnas Jerman kelima yang berpetualang di Negeri Paman Sam.

Siapa saja pendahulu Schweinsteiger? Berikut penelusuran Liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Lothar Matthaeus

Lothar Matthaeus. (AFP/Dimitar Dilkoff)

Hingga kini, Matthaeus masih tercatat sebagai pengoleksi caps terbanyak di Timnas Jerman. Dari 150 penampilan, dia menyumbang 23 gol.

Matthaeus membela timnas di turnamen besar sepak bola sejak 1980 (Piala Eropa). Sampai pensiun di level internasional pada 2000, dia hanya absen di Piala Eropa 1992 dan 1996.

Setelah menutup buku kariernya di Bayern Muenchen, Matthaeus memutuskan pergi ke New York/New Jersey MetroStars. Dia bermain 16 kali.

3 dari 5 halaman

Torsten Frings

Ikon di Werder Bremen. Frings membantu klub tersebut tampil reguler di pentas Eropa.

Pergi dari Jerman, Frings menjajal MLS bersama Toronto FC pada 2011 dan 2012. Frings membela Toronto FC pada 44 pertandingan dan mencetak dua gol.

Torsten Frings. (AFP/Volker Hartmann)

Di timnas, sosok yang kini melatih Darmstadt tersebut membela Jerman 79 kali dan mencetak 10 gol. Dia masuk skuat tim yang masuk final Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2008.

4 dari 5 halaman

Arne Friedrich

Membela Timnas Jerman periode 2002 hingga 2011, Friedrich tampil di pentas internasional pada 82 laga. Meski tugasnya menghalau serangan lawan, dia sempat melesakkan satu gol.

Arne Friedrich. (AFP/Jewel Samad)

Di level klub, Friedrich memperkuat Arminia Bielefeld, Hertha Berlin, dan VfL Wolfsburg. Dia kemudian menerima pinangan Chicago Fire pada 2012.

Meski dikontrak dua tahun, Friedrich hanya aktif setahun. Dia melewatkan musim kedua karena cedera.

5 dari 5 halaman

Frank Rost

Satu-satunya mantan kiper Timnas Jerman yang pergi ke AS. Di Bundesliga, Rost membela Werder Bremen, Schalke 04, dan Hamburg SV. 

Karena ketatnya persaingan, Rost hanya membela Der Panzer empat kali pada periode 2002 hingga 2003.

Di MLS, Rost menerima pinangan New York Red Bulls. Dia tampil pada 11 pertandingan.

Frank Rost. (AFP/Ian Kington)

Tim Ahli Teliti Air Fenomena Suramadu
Loading