Sukses

Piala Presiden 2017, Turnamen Megah di Awal 2017

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden 2017 memang sengaja dijadikan sebagai ajang turnamen pramusim sebelum sepak bola Indonesia memasuki kompetisi yang sebenarnya. Piala Presiden 2017 pun diharapkan menjadi wahana tepat bagi para klub untuk persiapan.

Sebelum kompetisi resmi PSSI yang rencananya mulai digelar pada Maret 2017, masyarakat Indonesia akan terlebih dulu dihibur dengan aksi 20 klub terbaik Indonesia di Piala Presiden 2017. Ini akan menjadi turnamen pramusim terbesar yang pernah diadakan Indonesia.

Menggandeng PT Elang Mahkota Teknologi (Grup Emtek) dan Torabika sebagai partner, ini adalah kali kedua Piala Presiden dihelat setelah edisi 2015. Total, 40 pertandingan, seluruhnya akan disiarkan secara langsung oleh SCTV dan Indosiar serta live streaming di Bola.com, vidio.com, serta Liputan6.com.

"Piala Presiden menjadi sebuah ajang yang akan kami tayangkan untuk mendukung kemajuan sepak bola nasional. Kenapa kami sangat berminat? Karena ini adalah ajang sepak bola terbesar di awal tahun 2017," ungkap Harsiwi Achmad, Direktur Surya Citra Media (SCM).

Selasa (24/1/2017), konferensi pers untuk menyambut Piala Presiden 2017 digelar di SCTV Tower, Jakarta. Lalu, undian untuk menentukan fase grup juga dilakukan. Kebetulan, acara konferensi pers tersebut juga dihadiri perwakilan 20 klub yang terlibat.

2 dari 2 halaman

Siaran Langsung

Sebanyak lima tim yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah berada di grup yang berbeda. Mereka adalah PSS Sleman, Arema FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United. Grup 2 menjadi kelompok yang paling kompetitif karena kehadiran Arema FC, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI.

"Piala Presiden 2017 tentu diharapkan jauh lebih semarak karena ada 20 tim yang terlibat. Diharapkan juga Piala Presiden 2017 bisa melahirkan bibit-bibit muda yang bagus untuk Timnas Indonesia," kata Erlangga Arya, Event Director PSSI.

Erlangga Arya, Event Director PSSI, dalam acara konferensi pers dan undian fase grup Piala Presiden 2017 di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (24/1/2017). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Piala Presiden 2017 akan menggunakan sistem setengah kompetisi dan dimulai pada 4 Februari 2017. Dari fase grup, turnamen akan dilanjutkan ke 8 besar dengan mengambil lima juara grup dan tiga runner-up terbaik. Di 8 besar dan semifinal, pertandingan juga menggunakan format home away.