Sukses

Jelang Final AFF 2016, Riedl Nikmati Status Underdog Timnas

Indonesia kembali akan berhadapan dengan timnas Thailand di leg kedua final Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Bangkok Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, menikmati status underdog di laga final Piala AFF 2016. Pelatih asal Austria itu mengatakan, anggapan itu justru membuat pasukannya lebih lepas. Sementara tekanan berada di pihak timnas Thailand yang diunggulkan jadi juara sejak awal.

Setelah sempat tersok-seok sepanjang babak penyisihan, Indonesia memang tampil mengejutkan setelah mengalahkan Thailand 2-1 di leg pertama final Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12/2016). Dalam laga ini, Indonesia sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Teerasil Dangda. Namun, Indonesia membalasnya di babak kedua lewat Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Pertandingan leg kedua akan berlangsung Sabtu (17/12/2016) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Tim Merah Putih hanya perlu menghindari kekalahan dengan margin lebih dari satu gol dan skor 0-1 untuk melangkah ke podium juara.

"Dari dua laga leg di final, saya pikir tekanan ada pada Thailand karena kami underdog. Kami mencapai final dan kami memulainya dengan kemenangan di leg pertama," kata Riedl dalam konferensi pers di Hotel Emerald, Bangkok, Jumat (16/12/2016).

"Kami berharap lebih baik dari sebelumnya, kami juga ingin menang di leg kedua. Tapi kami tidak merasa ada tekanan lebih," katanya.

Pelatih berusia 67 tahun itu juga mengatakan, begitu banyak orang yang tidak percaya Indonesia bisa ke final. Akan tetapi, hal tersebut malah jadi keuntungan bagi tim Garuda, sehingga akhirnya mampu lolos ke final Piala AFF 2016.

Selain itu, pelatih berpaspor Austria ini juga mengaku senang dengan pencapaian Boaz Solossa dan kawan-kawan. Cara bermain timnas Indonesia juga sudah cukup membuat Riedl puas. "Mungkin dari 100 orang hanya 1 orang yang berpikir kami ke final. Posisi kami underdog dan kami bisa melaju ke final, itu hal yang bagus," kata mantan pelatih timnas Vietnam tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suasana Santai Jumpa Pers

Suasana santai juga diperlihatkan Riedl saat menghadiri jumpa pers jelang leg kedua final Piala AFF 2016. Pelatih yang sudah tiga edisi menangani timnas di Piala AFF tersebut banyak menebar guyonan dalam menjawab pertanyaan wartawan. Intip videonya di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.