Sukses

3 Pemain Indonesia Ini Bersinar di Penyisihan Grup Piala AFF 2016

Boaz posisinya tak tergantikan, namun Andik, Stefano Lilipaly, dan Abduh Lestaluhu perannya sentral untuk Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia secara dramatis sukses memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF 2016. Ada tiga nama pemain yang bersinar dan menjadi sosok pahlawan kemenangan Indonesia.

Perjuangan Indonesia memang terbilang cukup heroik. Setelah sanksi FIFA, siapa yang mengira Skuat Garuda langsung tancap gas ke semifinal?

Namun, Boaz Solossa cs membuktikannya. Selain Boaz, ada tiga pemain lain yang bermain menonjol selama fase grup. Mereka membuat gol penentu hingga assist yang membantu kelolosan tim besutan Alfred Riedl itu.

Lantas, siapa saja mereka? Liputan6.com mencoba mengerucutkan tiga nama yang pantas dapat sematan bintang. Berikut daftarnya:

Andik Vermansyah

Andik Vermansyah

Sejak awal, Andik memang digadang-gadang bakal jadi bintang. Bermain di Selangor FA, Andik tentu sedikit banyak tahu kultur sepak bola Asia Tenggara.

Melawan Filipina, pemain mungil nan cepat ini membuktikannya. Dia memang tak cetak gol, namun dua kali sepakannya membentur mistar gawang.

Namun beruntung, tendangan yang kedua sukses dimanfaatkan Boaz Solossa melalui bola rebound. Puncak penampilannya terjadi pada saat melawan Singapura pada laga pamungkas.

Andik memang sudah diwanti-wanti oleh Singapura sejak awal karena memang sudah mengetahui penampilan apiknya di Malaysia. Alhasil, gol indah hasil umpan Abduh Lestaluhu, tanpa kontrol dan first time, membuat Indonesia kembali bergairah yang saat itu tertinggal 0-1.

Tentu, performa mantan pemain Persebaya Surabaya ini masih dinantikan daya magisnya oleh Skuat Garuda pada semifinal nanti.

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly

Fano, sapaan akrabnya, memang sudah jadi andalan utama Alfred Riedl sejak awal. Pemain satu-satunya naturalisasi di tubuh Skuat Garuda ini sukses membayar tuntas lewat aksi di lapangan hijau.

Selama fase grup, Fano sukses mencetak satu gol dan satu assist. Satu assist-nya dia sumbangkan untuk gol Fachruddin Aryanto saat melawan Filipina.

Akan tetapi, yang paling tak terlupakan adalah, kala dia menjadi pahlawan kemenangan Indonesia lawan Singapura. Golnya pada menit ke-85 itu sekaligus mengantarkan Skuat Garuda ke semifinal.

Riedl, pastinya sangat kembali mengharapkan tuahnya di semifinal. Apalagi, Fano bisa ditempatkan dalam beberapa peran, mulai dari gelandang serang, sampai second striker.

Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu seakan meneruskan marga Lestaluhu yang bersinar bersama timnas. Seperti pendahulunya, dia sukses melejit bersama Skuat Garuda di babak grup.

Berposisi sebagai bek sayap kiri, Abduh sukses menjalankan tugasnya dengan apik. Ya, dia bak penyeimbang di jantung pertahanan Skuat Garuda.

Overlap-overlap yang dia lakukan kerap mengejutkan. Puncaknya kala dia sukses menyumbang satu assist untuk Andik Vermansah sekaligus mengantarkan Garuda terbang ke empat besar.

Posisi starter tentu sudah jaminan bagi Abduh. Andai, dia bisa terus pertahankan performa di semifinal Piala AFF 2016.

(I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini