Sukses

Andik Vermansyah, Sang Pembunuh Singa

Andik dua kali bobol gawang Singapura dalam pertandingan yang berbeda dan membawa Timnas Indonesia menang.

Liputan6.com, Manila - Sosok Andik Vermansyah menjadi ancaman bagi lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Andik juga punya catatan khusus ketika dia menghadapi Singapura.

Andik menyumbang satu gol kala Indonesia menundukkan Singapura 2-1 di laga pamungkas Grup A Piala AFF 2016. Gol Andik pada menit ke-62 itu membuat Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1, setelah Singapura unggul lebih dulu lewat Khairul Amri pada menit ke-27.

Gol cannon ball Andik membangkitkan semangat pasukan Alfred Riedl untuk membalikkan keadaan. Benar saja, Stefano Lilipaly menggetarkan gawang Singapura yang dikawal Hassan Sunny pada menit ke-85.

Andik Vermansyah mencoba merendah mengenai perannya dalam kemenangan Indonesia atas Singapura. Menurut pemain Selangor FA ini, kemenangan itu berkat kerja keras semua tim, baik yang bermain maupun yang belum diturunkan oleh pelatih.

"Saya sebenarnya tidak memikirkan mencetak gol atau tidak, tetapi bagaimana supaya tim kita menang," kata Andik seusai laga, Jumat (25/11/2016).

Bukan Gol Pertama Andik

Yang menarik, itu ternyata bukan gol pertama Andik ke gawang Singapura. Pada pertandingan penyisihan grup Piala AFF 2012, Andik juga pernah menjebol gawang The Lions atau Sang Singa.

Kala itu, gol Andik tercipta lewat tendangan bebas dari jarak jauh dan tiga menit sebelum waktu normal berakhir.  Hebatnya lagi, kemenangan tersebut memecahkan rekor Indonesia yang belum pernah menang lagi atas Singapura dari delapan pertandingan sebelumnya.

Sayang, kemenangan dramatis Indonesia atas Singapura saat itu tidak cukup membantu Tim Garuda lolos ke semifinal. Indonesia kalah 0-2 dari Malaysia di laga pamungkas grup, dan hanya imbang 2-2 kontra Laos di laga perdana.

Dengan torehan dua golnya ke gawang Singapura dalam dua pertandingan yang berbeda, Andik mungkin punya julukan baru, Sang Pembunuh Singa. Apalagi, ketika dia mencetak gol, Indonesia selalu bisa mengalahkan The Lions.

Andik juga baru merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 23 November lalu. Kemenangan tentu menjadi kado spesial bagi Andik dan rakyat Indonesia.

Indonesia sendiri memastikan diri ke semifinal Piala AFF 2016 dengan status runner up Grup A setelah mengoleksi empat poin dari tiga laga. Juara Grup A direbut Thailand, yang mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.