Sukses

Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Incar Gol Tandang

Indonesia bakal menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 3 Desember mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam telah memastikan diri sebagai juara Grup B Piala AFF 2016. Sebagai juara grup, Vietnam menantang Timnas Indonesia yang keluar sebagai runner-up Grup A.

Babak semifinal Piala AFF menggunakan format home and away. Indonesia bakal menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 3 Desember mendatang. Sedangkan Vietnam bakal menjamu Indonesia pada 8 Desember 2016.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal mengatakan bahwa gol tandang menjadi hal yang sangat penting di babak semifinal. Dia menjelaskan, jika Indonesia menang di kandang 4-2, tetapi di pertandingan kalah 0-2 maka yang menang adalah yang memasukkan gol di tandang.

"Sistem pertandingannya seperti Liga Champions, siapa yang lebih banyak menghasilkan gol tandang dia yang menang," kata pria kelahiran Vienna, Austria tersebut.

Karena itu, lanjut dia, pelatih akan menyiapkan strategi khusus dalam laga selanjutnya dan tidak terpengaruh dengan hasil kalah dalam laga persahabatan beberapa waktu lalu.

Sebelum Piala AFF 2016, Vietnam dan Indonesia melakukan uji coba hingga dua kali. Pada 9 Oktober, Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Vietnam di Sleman. Sementara saat bermain di My Dinh Stadium, 10 November lalu, Vietnam menang 3-2 atas Indonesia.

"Kami bertanding dua kali melawan Vietnam dalam pertandingan persahabatan dan mereka yang sekarang berkembang cukup baik. Kami memiliki peluang untuk masuk final, tapi tergantung pertandingan lawan Vietnam," ucap pelatih Indonesia, Alfred Riedl. (Antara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.