Sukses

Lawan Timnas Indonesia, Ini Skuat Lengkap Vietnam

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10/2016).

Liputan6.com, Jakarta Tim nasional (Timnas) Indonesia di bawah asuhan Alfred Riedl tampil menghibur saat bertemu Malaysia di Stadion Manahan Solo, 6 Agustus lalu. Tampil penuh semangat, Tim Merah Putih berhasil menang telak 3-0.

Meski hanya berlabel uji coba jelang Piala AFF 2016, hasil ini punya arti penting bagi publik Tanah Air. Maklum pertandingan itu menjadi penampilan perdana timnas setelah Indonesia lepas dari sanksi FIFA. Mengalahkan Malaysia setidaknya bakal menjaga kepercayaan diri pemain-pemain timnas ke depannya.

Setelah Malaysia, Tim Merah Putih selanjutnya akan menjajal kekuatan Vietnam. Pertandingan rencananya akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10/2016).

Masalah yang sama kembali menghampiri Riedl jelang duel ini. Pelatih asal Austria itu belum juga leluasa memanggil para pemain yang diinginkan, karena klub enggan melepas lebih dari dua pemain ke timnas. Klub beralasan pihaknya butuh pemain meghadapi Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Sejauh ini, Riedl telah menetapkan 26 nama yang akan dijajal menghadapi Vietnam. Komposisinya tidak jauh berbeda seperti lawan Malaysia, sebagian pemain senior dan sebagian lainnya terbilang minim pengalaman.

Mereka telah dikumpulkan di Yogyakarta. Riedl berharap, lewat uji coba melawan Vietnam, komposisi skuat inti Indonesia sudah bisa terlihat mengingat Piala AFF 2016 di Filipina dan Myanmar, tinggal sebulan lagi.

Sementara itu, komposisi skuat Vietnam juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Pelatih Vietnam, Nguyen Huu Tang, juga menggabungkan pemain-pemain veteran dengan wajah-wajah baru.

Sebanyak 26 pemain diboyong Vie Hoang ke Indonesia. Dari daftar nama yang diterima Liputan6.com, tampak sejumlah nama yang sudah beberapa kali tampil di Piala AFF. Beberapa nama bahkan sudah memperkuat Vietnam saat masih ditangani oleh Riedl. Salah satunya adalah pemain lincah, Le Cong Vinh.

Pemain kelahiran 20 Desember 1985 itu kini sudah dipercaya sebagai kapten. Selain itu masih ada beberapa nama lainnya yang pernah merasakan  'tangan dingin' Riedl.

Vietnam sendiri bertolak ke Indonesia dengan kepercayaan diri yang tinggi. Pasalnya mereka baru saja mengalahkan tim kuat, Korea Utara dengan skor 5-2. Ini merupakan kali pertama Vietnam menang lawan Korut. Pada pertemuan sebulan sebelumnya, Vietnam hanya mampu menahan imbang dengan skor 1-1.

"Mereka tampil baik lawan Korea Utara. Ini laga yang indah, bukan hanya karena skor 5-2," kata pelatih Vietnam, Truong Viet Hoàng seperti dilansir situs federasi sepak bola Vietnam, vff.org.vn.

"Mereka bermain lebih baik dari bayangan kami, meski masih ada masalah di 15 menit pertama. Mereka dari generasi berbeda, tapi benar-benar padu dan tampil luar biasa," katanya.

Meski demikian, Vietnam tidak akan diperkuat empat pemain andalannya saat menjajal Indonesia. Cong Phuong, Tuan Anh, Ngoc Hai, dan Xuan Truong terpaksa ditinggal dengan alasan yang berbeda-beda.

Riedl sendiri tidak tinggal diam. Pelatih yang sukses mengantar Indonesia ke final Piala AFF 2010 itu berniat memelototi rekaman pertandingan Vietnam melawan Korea Utara. Riedl berusaha melihat celah yang bisa dimanfaatkan pasukannya dalam meredam Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Minggu nanti.

"Kami tahu mereka tim yang sangat bagus. Meskipun favorit, yang lain juga tetap masih punya kesempatan," kata Riedl.

Berikut ini adalah daftar lengkap skuat Vietnam:
Truong Ding Luat, Au Van Hoan, Nguyen Trong Hoang, Le Cong Vinh, Dinh Tien Thanh, Tran Dhin Dong, Ngo Hoabg Thinh, Hoang Ding Tung, Sam Ngoc Duc, Pham Thanh Luong, Nguyen Van Quyet, Dang Van Lam, Le Van Thang, Vu Van Thanh, Nguyen Van Toan, Nguyen Huy Hung, Ding Thanh Trung, Nguyen Tuan Manh, Vo Huy Toan, Tran Nguyen Manh, Que Ngoc Hai, Tran Dinh Hoang, Tran Phi Son, Huynh Tuan Linh, Nguyen Minh Tung, dan Vu Minh Tuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016