Sukses

Tim Sepak Bola UNI Papua Bawa Pesan Damai ke Finlandia

20 Pesepakbola UNI Papua Bawa Pesan Damai ke Finlandia

Liputan6.com, Jakarta - Tim sepak bola UNI Papua akan membawa pesan perdamaian dengan mengikuti turnamen Football for Friendship and Peace yang diselenggarakan di Finlandia pada 20-22 Agustus 2016.  Sebanyak 20 pemain dari Indonesia rencananya bakal menjalani dua laga uji coba di bawah suhu 16 derajat celcius.

Skuat UNI Papua yang berasal dari Banda Aceh hingga Sorong, Papua ini, tak hanya bermain bola. Bersama lembaga nirlaba lokal Liikukaa Ry Sport For All Finland, mereka melakukan serangkaian kegiatan kemanusiaan, budaya, dan sosial.

"Pembentukan karakter menjadi prioritas utama. Pemain sepak bola profesional bisa mencari uang dari olahraga tapi di sini para pemain mendapat pelajaran tentang nilai-nilai baik dalam kehidupan," kata  Harry Widjaja, pendiri UNI Papua kepada Liputan6.com pada Jumat (12/8/2016) malam.

UNI Papua yang didirikannya sejak tahun 2013 telah menjadi bagian dari keluarga besar FIFA Football For Hope. Selaras dengan misi FIFA yakni menjadikan sepak bola sebagai mediator untuk menanamkan nilai-nilai kemanusiaan termasuk menjauhi pengaruh buruk dari masalah sosial seperti obat-obatan, alkohol, seks bebas, hingga kemiskinan.

Saat ini, UNI Papua sudah memiliki 34 cabang di seluruh di seluruh Indonesia ditambah dua cabang yang berada di Amerika Serikat dan Finlandia. "Sebagian besar ada di daerah yang dahulu berkonflik. Seperti di Puncak Jaya, di sana berkembang sekali," kata Harry.

"Saya ingin membuat UNI Papua seperti universitas, berbasis etika dan moral," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini