Sukses

Prediksi PBFC Vs Barito Putera: Pesut Etam Coba Bangkit

Klub berjuluk Pesut Etam ini baru saja dinyatakan kalah WO karena tidak hadir di laga tandang kontra klub Papua, Perseru Serui.

Liputan6.com, Samarinda - Pusamania Borneo FC (PBFC) bakal menjamu Barito Putera dalam lanjutan pekan ke-14 Torabika Soccer Champioship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Segiri, (7/8/2016).

Hal ini tentu menyakitkan karena bukan merupakan keinginan mereka tiket penerbangan ludes terjual. Apalagi, skuat asuhan Dragan Djukanovic ini memang sangat membutuhkan kemenangan setelah menuai hasil tak maksimal di laga-laga sebelumnya. Penampilan mereka tampak turun drastis. 

Setelah sempat menang 3-0 atas Persija Jakarta pada 3 Juli lalu, PBFC harus dipaksa puasa kemenangan dalam empat laga selanjutnya. Hal ini membuat mereka untuk tertahan di posisi ke-10 klasemen sementara TSC 2016. Tambahan tiga poin, bakal membuat mereka merangkak naik. Apalagi, ini bisa jadi momentum untuk menatap laga putaran kedua.

Pedro Javier

"Bertemu Barito Putera memang buka pertandingan mudah, Tapi saya berharap laga nanti jadi momentum kebangkitan PBFC. Target kembali ke papan atas harus kita realisasikan. Dan landasannya adalah pertandingan Minggu nanti," ujar pelatih PBFC, Dragan Djukanovic sebagaimana dilansir dari situs resmi klub.

Nasib serupa juga dialami tim tamu, Barito Putera. Selepas menahan Arema Cronus dua pekan lalu, anak asuh Mundari Karya ini cuma bisa mengamankan satu poin ketika bermain sama kuat melawan Sriwijaya FC pekan lalu.

Melawat ke markas PBFC tentu bukan perkara mudah untuk tim berjuluk Laskar Antasari ini. Namun jika melihat catatan buruk PBFC yang selalu gagal raih kemenangan di dua laga kandang terakhir, semestinya Barito bisa memanfaatkan momentum ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adu Tajam Striker Impor

PBFC kini diprediksi bakal kembali bertumpu kepada seorang Pedro Javier Velazquez. Selain karena bertekad mencetak gol setelah tiga pertandingan absen, Pedro bisa dipastikan bakal bugar karena tak perlu bermain kala PBFC kalah WO dari Perseru Serui, pekan ke-13 lalu.

Sama seperti Barito Putera yang sempat cemas karena absen cetak gol, Laskar Antasari kini akan kembali mengandalkan Luis Junior yang dalam tiga laga terakhir, keran golnya mulai terbuka. Ketajaman kedua penyerang impor ini bisa jadi penentu dalam hasil laga nanti. Aksi-aksinya tentu dinantikan oleh pencinta sepak bola Tanah Air, khususnya Samarinda, dan Banjarmasin.

Pedro, yang pernah berkostum Persija Jakarta ini sementara menjadi topscorer klub. Meskipun, torehan gol sang pemain masih terhitung minim lantaran mencetak 4 gol dari 11 pertandingan. 

Luiz Junior

Catatan per laga striker asal Paraguay ini juga lumayan apik. Dia berhasil melakukan 77 persen umpan sukses, dan bahkan 100% membuat giringan bola yang berhasil. Namun memang, akurasi tembakan Pedro kurang baik, yakni hanya 45% saja. 

Namun setidaknya, Pedro masih lebih baik dari penyerang asing lainnya, Edilson Tavares. Sebab, Tavares hanya mencetak satu gol saja dalam 11 laga bersama Pesut Etam. Dalam laga nanti, Pedro harus lebih giat lagi untuk mencetak gol dan menciptakan peluang. Sebab, bila tidak, Luis Junior malah melakukan serangan balik dan muncul sebagai yag terbaik dalam laga nanti.

Luiz Junior masih berada di puncak dengan torehan 11 gol bersama Barito Putera. Mantan pemain Botafogo ini menjadi pemain pertama di TSC 2016 yang mengoleksi dua digit gol.

Sempat kedodoran, Luiz Junior kembali mulai menemukan permainannya lagi. Dalam tiga laga terakhir ini, Luiz berhasil mencetak dua gol untuk Laskar Antasari. Menarik dinantikan memang duel adu tajam ini. Kedua pemain ini akan berjibaku untuk membuktikan yang terbaik dalam laga pekan ke-14 nanti.

3 dari 3 halaman

Fakta Pertandingan

Fakta Pertandingan

1. Terlepas dari kekalahan WO dari Perseru, PBFC memang dalam performa menurun. Usai menang 3-0 dari Persija, mereka gagal mencetak gol tiga pertandingan beruntun.

2. Ini adalah kali pertama kedua tim bertemu di kompetisi tertinggi. Sebab, PBFC baru promosi ke ISL pada 2014 lalu.

3. Dari tujuh laga terakhir, Barito Putera hanya sekali tak kebobolan, yakni kontra Arema. Ini menjadi lampu kuning bagi Mundari Karya untuk membenahi barisan beknya

4. PBFC terbilang agresif di Segiri, Dari tujuh laga kandang, mereka sudah mencetak 10 gol. Artinya, tiap partai kandang, mereka mencetak 1,4 gol.

5. Sementara Barito kemasukan 13 gol dalam enam partai tandang. Artinya, 2,17 gol pasti bersarang dalam laga away Laskar Antasari.(Penulis: Indra Eka Setiawan)

Prediksi Susunan Pemain

PBFC: Dian Agus, Zulkifli Syukur, Jad Noureddine, Aang Suparman, Gerald Pangkali, Tarik Boschetti, Diego Michiels, Ponaryo Astaman, Edilson Tavares, Terens Puhiri, Pedro Javier

Barito Putera: Aditya Harlan; Rizky Pora, Fathlul Rahman, Muhammad Roby, Mohamadou El Hadji, Lucky Wahyu, Adam Alis, Ibrahim Conteh, Amirul Mukminin, Paulo Sitanggang, Luis Junior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.