Sukses

Buat Kesalahan Fatal, Marquez Kembali Pecundangi Rossi

Marc Marquez sempat melakukan kesalahan besar di MotoGP Jerman.

Liputan6.com, Sachsenring - Pembalap Honda Racing Team, Marc Marquez keluar sebagai juara MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (17/7/2016) malam WIB. Pada balapan tersebut, Marquez sempat melakukan kesalahan besar.

Balapan MotoGP Jerman diawali dengan kondisi lintasan basah. Hal ini membuat Marquez keluar lintasan pada lap kesepuluh. Di tikungan kedelapan dia melebar dan masuk gravel. Untungnya, Marquez tidak jatuh dan bisa melanjutkan balapan.



"Di awal balapan, saya memilih ban depan yang salah. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa memulai dengan ban extra soft, sedangkan saya menggunakan ban lunak. Itu membuat gaya saya tidak tepat," katanya, dikutip dari GP Update.

"Saya berjuang ekstra keras menggunakan ban depan itu. Akhirnya saya membuat kesalahan fatal di tikungan kedelapan dan saya melebar," ujar pembalap asal Spanyol tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keberuntungan

Lap ke-17, keberuntungan mulai menghinggapi Marquez. Lintasan mulai kering dan dia menjadi pembalap pertama yang masuk ke pit untuk mengganti motornya yang menggunakan ban kering.

"Saya melihat lintasan mulai kering dan mulai berpikir: 'Oke ini saatnya balapan dan mengganti motor.' Tentu kondisi ini selalu membuat bingung pembalap. Tapi saya memilih untuk mengambil risiko jauh dari posisi pertama atau pun podium," ucapnya.

Strategi Marquez pun terbukti jitu. Dengan ban kering, dia bisa melahap lap tersisa dengan sempurna. Apalagi, di lap ke-23, lima pembalap, yakni Rossi, Andrea Dovizioso, Carl Cruthlow, Barbera, dan Jack Miller masuk pit.

Ini menjadi berkah bagi Marquez. Dia pun bisa terus melesat ke posisi pertama dan menjuarai MotoGP Jerman. Ini ketujuh kalinya secara beruntun Marquez memenangkan balap di Jerman dengan berbagai kategori.

3 dari 3 halaman

Semakin Kokoh

Dengan hasil MotoGP Jerman, Marquez semakin kokoh di puncak klasemen dengan raihan 170 poin. Pembalap asal Spanyol itu unggul 59 poin dari Rossi yang berada di posisi ketiga.

"Jujur saya senang bisa memdapatkan banyak poin. Saya memang bukan pembalap tercepat di lintasan ini, tapi kecepatan saya sangat konstan," ucapnya.

Selain memperlebar jarak dengan pembalap lain, Marquez juga meraih kemenangan ketujuh di MotoGP Jerman. Rinciannya, empat kali di kelas MotoGP, dua kali di pentas Moto2, dan sekali di Moto3.

Marquez juara MotoGP Jerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini