Sukses

Rio Haryanto Semringah Mobil Manor Makin Kencang

Rio Haryanto percaya diri menatap GP Bahrain dengan mobil Manor yang lebih baik.

Liputan6.com, Sakhir - Jagoan balap Indonesia Rio Haryanto semakin percaya diri menatap GP Bahrain yang berlangsung di Sirkuit Sakhir, Minggu (1/4/2016). Kepercayaan diri Rio bertambah setelah mobil Manor Racing MRT05 bisa bersaing dengan mobil lain saat sesi latihan bebas, Jumat (1/4/2016).

Pada sesi latihan bebas pertama, dia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 37,714 detik, Rio memang tertinggal 5 detik dari juara GP Australia Nico Rosberg. Namun catatan waktunya semakin baik saat sesi latihan bebas kedua.

Baca Juga

  • GP Bahrain: Rio Haryanto Berpeluang Finis di Depan Rekannya
  • Jelang El Clasico, Barcelona dan Madrid Perang di Twitter
  • 6 Pemain Asing Terbaik yang Pernah Dimiliki Persib

Pembalap asal Solo itu mencatatkan waktu 1 menit 34,562 detik. Rio pun tertinggal 3 detik dari Rosberg yang menjadi pembalap tercepat saat sesi latihan bebas kedua. Mobil Manor Racing MRT05 mulai memahami karakteristik Sirkuit Sakhir meski belum menggunakan ban lunak.

"Masih terlalu dini untuk mengatakannya. Kami sudah menunjukkan kecepatan yang bagus dengan bahan bakar yang sedikit. Padahal kami belum menggunakan ban super lunak. Kami hanya melaju dengan ban lunak saat sesi latihan bebas, degradasi ban lembut terlihat tidak terlalu buruk," kata Rio seperti dikutip dari Formula Spy.

Rio Haryanto

Tidak hanya itu saja, Manor Racing juga mulai bisa menyaingi tim papan tengah Formula 1, Sauber-Ferrari. Rio hanya kalah 0,1 detik dari pembalap Sauber-Ferrari, Felipe Nasr. "Kami telah mencoba banyak hal untuk mobil ini. Saya pikir kami sudah melakukan pekerjaan yang baik," ucap Rio.

"Kami juga berhasil memperkecil celah dengan tim lain. Kami tidak pernah sedekat ini sebelumnya. Jadi ini adalah hari yang istimewa. Kami masih punya banyak potensi memperbaikinya lagi," ujar pembalap asal Solo tersebut.

Lebih lanjut, Rio mengaku dirinya sangat menikmati balapan malam hari. "Saya sangat menikmati sirkuit ini. Melaju di bawah lampu-lampu sangat mengesankan. Ini langkah pertama yang bagus dan semoga besok lebih baik lagi," kata pria berusia 23 tahun tersebut.

Pada Sabtu (2/4/2016) malam waktu setempat, Rio akan menjalani sesi latihan bebas ketiga dan babak kualifikasi untuk menentukan posisi balapan Sabtu (2/4/2016) waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.