Sukses

Cerita 7 Kegagalan Penalti Barcelona di La Liga

Di semua kompetisi, Barcelona atau trio MSN hanya sukses mengonversi 50 persen penalti yang didapatkan musim ini.

Liputan6.com, Madrid - Barcelona memang pastikan posisi puncak klasemen La Liga usai bantai Rayo Vallecano 5-1 di lanjutan La Liga Spanyol, Jumat (4/3/2016). Lionel Messi cetak hattrick, sedangkan dua gol lagi dikemas Ivan Rakitic dan Arda Turan.

Baca Juga

  • Piala Bhayangkara 2016: Persija Cari Pemain Asing
  • Rio Haryanto Makin Percaya Diri Jelang GP Australia
  • Tiduri Gadis Dibawah Umur, Adam Johnson Divonis Penjara 10 Tahun

Meski demikian, ada noda di Barcelona yang membuat rekor 35 laga tak terkalahkan jadi kurang sempurna. Apa itu? Ya, ini terkait dengan kegagalan Luis Suarez mencetak penalti bagi Barcelona.

Memang, penalti itu tidak menentukan hasil akhir. Meski demikian, ini menambah panjang daftar kegagalan Barcelona saat mengeksekusi penalti. Seperti dilansir Marca, Barcelona dapatkan 13 penalti di La Liga musim ini.

Dari 13 kali tendangan penalti itu, hanya 6 penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik. Sedangkan 7 penalti lainnya gagal dieksekusi alias gagal berbuah gol.

Rayo Vallecano vs Barcelona (Reuters)

Bahkan berdasarkan catatan optajose, 7 kegagalan penalti ini menjadi yang pertama sejak musim 1998/99.

Sebelumnya, belum ada satu tim di La Liga sejak 1998/99 yang gagal eksekusi penalti hingga 7 kali dalam semusim. Meski demikian, pelatih Barcelona Luis Enrique mengaku tidak risau dengan catatan itu.

"Kami tak menyia-nyiakan penalti, tapi itu tak risaukan saya selama kami sudah unggul jauh," ucapnya.

Para pemain Barcelona merayakan gol ke gawang Rayo Vallecano pada laga La Liga di Estadio del Rayo Vallecano, Madrid, Jumat (4/3/2016) dini hari WIB. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Penalti dieksekusi Suarez usai Messi cetak dua gol. La Pulga rela memberikan Suarez kesempatan cetak gol di menit ke-68, meski sebenarnya saat itu berpeluang cetak hattrick lebih cepat.

Messi sendiri mengepak gol ketiganya empat kemudian atau menit ke-72. Dia pun genap koleksi 17 gol atau mendekat zona top skor yang saat ini masih dipegang Suarez dengan 25 gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibagi Rata

Tak ada yang salah dengan penalti yang dilakukan Suarez di laga kemarin. Bintang Barcelona asal Uruguay itu menendang bola dengan keras namun terbaca kiper Rayo Juan Carlos.

Di seluruh kompetisi, statistik keberhasilan penalti Barcelona yaitu 50 persen. Barcelona cetak 9 gol dan gagal cetak gol 9 kali (termasuk penalti 'tipuan' yang dilakukan Messi lawan Celta Vigo).

Uniknya, persentase 50 persen itu dibagi rata oleh trio MSN. Neymar cetak 4 gol dari 8 kali penalti yang diambilnya.

Ekspresi pemain Barcelona, Ivan Rakitic, setelah mencetak gol ke gawang Rayo Vallecano pada laga La Liga Spanyol di Estadio del Rayo Vallecano, Madrid, Jumat (4/3/2016) dini hari WIB. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Sedangkan Messi cetak 3 gol dari 6 penalti yang dieksekusinya. Sedangkan Suarez cetak 2 gol dari empat penalti yang diambilnya. Dibagi rata! Setelah cetak rekor gol trio sepanjang masa, kini trio MSN cetak rekor jumlah penalti yang gagal dieksekusi.

Sejauh ini, baru trio MSN yang dipercaya untuk eksekusi penalti. Beberapa waktu lalu, segelintir fans Barcelona berharap Enrique bisa memberi kesempatan kepada Javier Mascherano menendang penalti.

Maklum, bek Barcelona asal Argentina itu belum sekalipun cetak gol untuk Azulgrana di sepanjang kariernya yang hampir 7 musim di sana.

Intip video kegagalan Luis Suarez cetak penalti ke gawang Rayo:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.