Sukses

Mengenal Keluarga Balap Rio Haryanto di Solo

Rio Haryanto dan tiga kakaknya berkecimpung di dunia balap.

Liputan6.com, Solo - Rio Haryanto menjadi buah bibir saat ia dinyatakan lolos ikut balapan jet darat F1 dengan bergabung Manor Racing. Bagi keluarga Rio, dunia balap bukan hal baru. Pasalnya Rio dan tiga kakaknya juga malang melintang di dunia olahraga penuh tantangan ini.

Baca Juga

  • Komentar Ronaldo Soal Gol ke Gawang Roma
  • Marquez Mulai Nyaman dengan Motornya
  • Milan Bikin MU dan Chelsea Patah Hati

Rio Haryanto merupakan putra dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Rio memiliki tiga kakak yang semuanya laki-laki. Putra pertama adalah Roy Haryanto kemudian berturut-turut Ricky Haryanto, Rian Haryanto. "Rio itu putra keempat kami, paling bungsu," ujar Penny kepada awak media di kediamannya di Solo, Sabtu (20/2/2016).

Keempat laki-laki ini ternyata tak jauh juga dengan balap. Pun dengan ayahnya, Sinyo Haryanto yang saat ini menggeluti usaha buku tulis Kiky. "Papinya itu membalap sampai tahun 2003. Jadi Roy, Kiki, Rian dan Rio membalap didampingi Papinya terus sampai tahun 2003," ujar Penny.

Penny melanjutkan jika Roy Haryanto pernah ikut kompetisi Formula Atlantik tahun 1998. Kiky juga pernah membalap. Sementara Rian Haryanto pernah ikut balapan Formula Asia. "Jadi Rio memang ada darah dan bakat untuk membalap ya," ucap bunda Rio Haryanto ini. (Baca juga cerita Rio Haryanto soal perbedaan mobil F1 dan GP2 di tautan ini)

Keluarga Rio Haryanto bicarakan keberhasilan salah satu anggota keluarga tembus F1 (Reza Kuncoro/Liputan6.com)

Sementara itu, Roy Haryanto mengaku bangga dengan prestasi adik bungsunya. Menurutnya Rio memang memiliki passion dalam membalap. "Membalap sejak umur 6 sampai 23 tahun, kalau nggak ada passion kan nggak akan jadi. Mental, fisik, kemauan dan talenta untuk masuk F1," kata anak sulung Sinyo Haryanto-Indah Pennywati ini.

Pun dengan Ricky Haryanto atau kerap dikenal dengan Kiky. Ia sebagai kakak mengaku bangga. Dia menilai rasa disiplin yang sudah ditanamkan sang ayah membuat Rio bisa sukses seperti sekarang.

Kiky sendiri sudah lama tidak membalap dan lebih banyak bergelut di bisnis. "Kalau saat ini, saya lebih fokus jadi pengusaha," katanya.

Rio Haryanto saat tiba di Bandara El Prat Barcelona (Liputan6.com/Istimewa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini