Sukses

5 Informasi Penting Seputar Ballon d'Or 2015 [Infografis]

Tiga pemain top dunia, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar masuk kandidat.

Liputan6.com, Liverpool - Malam penghargaan pemain terbaik dunia 2015, FIFA Ballon d'Or berlangsung Senin (11/1/2016) di di Kongresshaus, Zurich, Swiss. Tiga pemain top dunia, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar masuk kandidat.

Dua nama pertama, Messi dan Ronaldo masuk nominasi sejak penghargaan pemain terbaik dunia ini bernama FIFA Ballon d'Or pada 2009. Bagi Neymar, ini pertama kalinya striker asal Brasil ini masuk nominasi peraih Ballon d'Or.

Sebelum malam penganugrahan berlangsung, terdapat 5 hal yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu, berikut ulasnnya sebagaimana dilansir dari FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Pertanyaan Seputar Ballon d'Or

1. Siapa yang akan memberikan suara untuk penghargaan individual ini?

Voting untuk pemain dan pelatih terbaik ini terbuka untuk pelatih dan kapten Tim Nasional masing-masing seluruh anggota FIFA (Pada 2015 hanya 209 anggota dari 211 anggota FIFA yang memilih pemain terbaik Ballon d’Or karena dua anggota FIFA, Kuwait dan Indonesia sedang disanksi FIFA).

Selain pelatih dan kapten timnas, wartawan yang masuk dalam daftar France Football berhak memilih Ballon d’Or. Elemen tersebut kemudian mengirimkan suara secara elektronik dan dipantau oleh notaris.

Para pelatih, kapten dan media memberikan 5 poin untuk pilhan pertama, 3 poin untuk pilihan kedua, 1 poin untuk pilihan ketiga terhadap tiga kandidat. Batas waktu pemungutan suara telah berakhir pada 20 November 2015. Tiga kandidat yang mengumpulkan presentase terbanyak dalam pemilihan berhak keluar sebagai pemenang.

Meski sedang disanksi, Indonesia tetap bersuara di FIFA Ballon d'Or melalui perwakilan media. Nurdin Saleh yang bekerja untuk Tempo telah memberikan suara November 2015.

2. Berapa jumlah suara masing-masing Anggota Asosiasi dan Perwakilan Media?

Voting untuk penghargaan pria: 165
Asosiasi Anggota (Kapten & Pelatih): 79,71%
Perwakilan media: 88,60%

Voting untuk penghargaan perempuan: 136
Asosiasi anggota (kapten & pelatih): 76,83%
Perwakilan media: 80,92% 

Baca Juga

  • Hadiri Ballon d'Or 2015, Setelan Jas Messi Tetap Norak
  • 'Keputusan Guardiola Harus Dihormati'
  • Wasit Wanita Italia Pamer Tubuh Seksi Pakai Kostum AC Milan

3. Siapa pengamat dan pengawas Ballon d’Or?

FIFA dan France Football telah menunjuk PricewaterhouseCoopers (PwC Swissi) sebagai pengamat independen untuk mengawasi dan memantau proses pemungutan suara. Hasil pantauan dan pengawasan PwC dikunci hingga malam penghargaan Ballon d’Or.

4. Bagaimana menentukan juara FIFA Puskas Award atau gol terbaik dunia?

Pemenang FIFA Puskas dipilih oleh pengunjung situs FIFA.com dan Francefootball.fr, yang memilih gol favorit dari daftar shorlist 10 gol terbaik pilihan FIFA. Tiga gol yang mendapatkan suara terbanyak kemudian maju ke babak final. Gol yang mendapatkan suara paling banyak dari dua situs tersebut keluar sebagai pemenang.

5. Bagaimana menentukan FIFPro World Eleven?

Setiap pemain yang berafiliasi dengan FIFPro bebas memilih setiap pemain profesional yang aktif di dunia untuk membuat XI ideal mereka dalam formasi 4-3-3. FIFPro kemudian menghitung pemain di dalamnya. Dari situ, FIFPro World XI terungkap pada malam Ballon d’Or. Hampir 25 ribu orang dari 70 negara telah mengirimkan susunan XI terbaik di dunia tahun ini.

3 dari 3 halaman

Infografis

Berikut grafis Ballon d'Or 2015

Ballon d'Or 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini