Sukses

PSSI Akui APPI Satu-satunya Asosiasi Pemain di Indonesia

APPI digabungkan dengan APSNI oleh PSSI dan kepengurusannya tidak diubah.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI akhirnya menyatukan dua asosiasi pemain, yakni Asosiasi Pemain Sepak Bola Nasional Indonesia (APSNI) dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI). Keputusan ini diambil menyusul upaya memperbaiki dan mereformasi sepak bola Indonesia.

"Saya diberi tugas oleh FIFA untuk menyatukan APPI dan APSNI. Kita putuskan APSNI akan bergabung dengan APPI," ucap Presiden PSSI La Nyalla Mattalitti di kantor PSSI, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Sebelumnya, APSNI adalah asosiasi yang diakui PSSI, sedangkan APPI adalah asosiasi independen yang berada di bawah FIFPro, tetapi masih bermitra dengan PSSI. Kini tidak ada perubahan nama saat keduanya bersatu. Nama yang digunakan untuk asosiasi pemain tetap APPI.

"APPI diakui FIFA di bawah FIFpro. Kita tidak akan ubah kepengurusan APPI dan hal ini akan dibawa ke kongres pada April mendatang," ucap La Nyalla.

"APPI tetap jadi anggota PSSI, tapi APPI juga punya hak untuk kritis," ia berjanji.

Salah satu perwakilan APSNI Irawadi Hanafi menegaskan pihaknya bersedia bergabung dengan APPI. Menurut dia, penggabungan asosiasi pemain adalah sesuatu yang positif.  

"Semoga dengan adanya persatuan ini segala permasalahan sepak bola Indonesia cepat selesai. Kami dukung keputusan PSSI," ujar Irawadi. (Win/Rco)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini