Sukses

Italia Bekuk AS

Italia memulai langkah pertama di Piala Konfederasi dengan hasil maksimal. Di Loftus Versfeld Stadium, Selasa dini hari WIB, Italia menang 3-1 (0-1) dari Amerika Serikat yang bermain dengan 10 pemain. Hasil tersebut membuat Italia memimpin Grup B.

Liputan6.com, Pretoria: Italia sukses melewati pertandingan pertamanya di Piala Konfederasi dengan kemenangan 3-1 (0-1) dari Amerika Serikat (AS). Bermain dengan 10 pemain, AS mampu unggul lebih dulu berkat penalti Landon Donovan, namun Italia bangkit di babak kedua dalam pertandingan yang dimainkan di Loftus Versfeld Stadium, Pretoria, Selasa (16/6) dini hari WIB.

The Sam’s Army dibuat tersentak oleh kartu merah yang dikeluarkan langsung wasit Pablo Pozzo untuk Ricardo Clark akibat tekel keras pada Gennaro Gattuso menit ke-33. Akan tetapi delapan menit kemudian penalti dari Donovan membuat AS memimpin 1-0. Penalti diberikan setelah Giorgio Chiellini melanggar Jozy Altidore. Gol tersebut membuat raihan gol Donovan berjumlah 40, sebuah rekor buat AS.

Di babak kedua Italia langsung menekan pertahanan lawannya. Perubahan dilakukan Marcello Lippi dengan memasukkan Riccardo Montolivo dan Giuseppe Rossi. Pergantian yang memberi dampak kontret. Menit ke-58, Rossi yang merebut bola dari kaki pemain lawan di lini tengah melepaskan tendangan keras yang mengoyak gawang Tim Howard.

Skor 1-1 dan Gli Azzurri semakin bermafsu untuk menyerbu gawang AS. Peluang membawa Italia unggul diperoleh Rossi, Vincenzo Iaquinta dan Alberto Gilardino namun tidak ada yang tepat sasaran. Baru pada menit ke-71, Daniele De Rossi kembali membuat Howard tak berdaya menjangkau tendangan keras dari luar kotak penalti. Italia ganti memimpin 2-1.

Masuknya Rossi dan Montolivo membuat permainan Italia lebih tajam. Empat menit sebelum waktu normal usai Luca Toni membuang peluang saat sudah berhadapan dengan Howard. Sundulan Toni tepat mengarah ke Howard. Kiper yang bermain untuk klubn Everton itu kembali menyelamatkan gawangnya. Kali ini saat situasi satu lawan satu dengan Rossi dan Toni.

Akan tetapi memasuki masa injury time tendangan voli kaki kanan Rossi tidak mampu dihentikan Howard. Gol yang tidak terlepas dari cemerlangnya aksi individu Andrea Pirlo di sisi kiri dan umpannya yang begitu matang. Skor 3-1 bertahan sampai pertandingan selesai. Hasil tersebut membuat Italia memimpin Grup B. Gli Azzurri unggul selisih gol dibanding Brasil yang dalam laga sebelumnya harus bersusah payah menggulung Mesir 4-3.

Susunan pemain:
Italia: Gigi Buffon; Fabio Grosso (kk), Giorgio Chiellini, Nicola Legrottaglie (kk), Gianluca Zambrotta; Gennato Gattuso (Giuseppe Rossi 56), Andrea Pirlo, Giuseppe De Rossi; Mauro Camoranesi (Montolivo 56), Alberto Gilardino (Luca Toni 68), Vincenzo Iaquinta.
AS: Tim Howard; Jonathan Bornstein (kk) (Sacha Kljestan 85), Jonathan Spector, Jay DeMerit, Oguchi Onyewu; Ricardo Clark, Michael Bradley; Benny Feilhaber, Clint Dempsey, Landon Donovan; Jozy Altidore (Davies 65).
Wasit: Panlo Pozzo (Chile).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini