Sukses

Inilah 5 Klub Raksasa Eropa yang Peduli Pengungsi Suriah

Seperti diketahui pengungsi Suriah mulai membanjiri Eropa sejak pekan lalu.

Liputan6.com, Paris - Sejumlah klub raksasa Eropa melakukan tindakan mulia untuk menyikapi pengungsi Suriah. Mereka rela mendonasikan uang hasil penjualan tiket baik saat berlaga di kompetisi domestik dan kompetisi Eropa.

Seperti diketahui pengungsi Suriah mulai membanjiri Eropa sejak awal bulan ini. Mereka mengungsi karena perang yang terjadi di negara Timur Tengah itu tak kunjung usai.

Lalu klub mana saja yang berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan ini. Berikut beberapa diantaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Real Madrid

Madrid menjadi salah satu klub raksasa Eropa yang berpartisipasi membantu pengungsi Suriah. Tak tanggung-tanggung Los Galacticos menyumbang dana hingga 1 juta euro (Rp 15 miliar) untuk kegiatan ini.


Dalam laman resminya Madrid fokus untuk membantu pengungsi muda yang tiba di Spanyol. Mereka juga bekerja sama dengan Kementerian terkait untuk skema pembagian donasi ini.

3 dari 6 halaman

2. Bayern Muenchen

Klub raksasa Eropa lain yang tanggap melihat kondisi yang memprihatinkan dari pengungsi Suriah adalah Bayern Muenchen. Juara Bundesliga itu bahkan membantu pengungsi tak hanya dari sisi materil namun juga moril.


Dari sisi materi, FC Hollywood menyumbang satu juta euro dari laga uji coba yang sudah dan akan digelar. Sementara dari sisi moril, mereka menyiapkan 'training camp' bagi anak-anak pengungsi di Akademi Bayern. Selain itu beberapa anak-anak yang terpilih juga akan menjadi pendamping pemain dalam laga lawan Augsburg akhir pekan ini.

4 dari 6 halaman

3. AS Roma

Dari Italia, klub ibukota AS Roma juga peduli dengan pengungsi Suriah. Mereka menyumbang dana sebesar 575 ribu euro (Rp 9,1 miliar).


Tak hanya itu, Roma juga menjadi inisiator agar klub Italia lain melakukan hal yang sama. Hasilnya Fiorentina, Bologna, dan Torino juga langsung turun tangan membantu pengungsi Suriah melalui program 'football cares'.

5 dari 6 halaman

4. FC Porto

Porto menjadi klub Eropa pertama yang mengusulkan kampanye satu euro dari setiap tiket laga kandang pertama untuk disumbangkan ke pengungsi Suriah. Kampanye ini pun langsung didukung oleh UEFA.

Hingga kini ada 80 klub Eropa yang menyatakan bergabung dalam kampanye ini. Mulai dari klub Swedia Malmo, klub Belgia, Gent, hingga Bayern Muenchen.

6 dari 6 halaman

5. PSG

Klub raksasa Prancis, PSG tak mau ketinggalan membantu pengungsi Suriah. Mereka bersedia menyumbang satu juta euro untuk aksi kemanusiaan ini.


PSG menyebut aksi ini merupakan kepanjangan dari aksi sebelumnya yang fokus membantu anak-anak miskin di Prancis. PSG bekerja sama dengan badan PBB yang mengurusi masalah pengungsi, UNHCR. (Vid/Ary)

Baca Juga:

Rekor Gol Dilewati Rooney, Charlton: Aku Kecewa

Burger King Bikin Timnas Skotlandia Loyo?

Alex Ferguson: 8 Orang Penentu Kemenangan Tim, Bukan 11 Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.