Sukses

Bos Mercedes Bantah Langgar Aturan

Dalam balapan kemarin, pengumuman kemenangan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sempat ditunda.

Liputan6.com, Monza - Bos tim Formula 1 Mercedes, Toto Wolff membantah timnya sengaja menggunakan ban dengan tekanan lebih rendah di bawah standar yang berlaku dalam balapan di sirkuit Monza, Italia, Minggu (6/9) kemarin. Menurutnya, hal itu terjadi tanpa sengaja.

"Kami mengikuti prosedur yang dibuat Pirelli, yang mengharuskan ban ditutupi lalu mengecek tekanannya dengan Pirelli. Tekanannya di atas batas minimum karena keselamatan adalah hal penting buat kami," kata Wolff dilansir Crash.

Dalam balapan kemarin, pengumuman kemenangan pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sempat ditunda lantaran Mercedes menggunakan ban di bawah tekanan minimum untuk balapan. Hal itu diketahui setelah pengawas balapan memeriksa tekanan ban pada dua mobil Mercedes yang digunakan oleh Hamilton dan Nico Rosberg.

Dari pemeriksaan itu, diketahui, tekanan pada salah satu ban di masing-masing mobil Hamilton dan Rosberg berada di bawah batas peraturan yang dibolehkan. Diduga, penyebab turunnya tekanan ban itu ada pada selimut ban.

"Entah apa penyebabnya, ban mengalami pendinginan. Akhirnya tekanan berbeda ditemukan di salah satu ban tersebut. Itu sebuah perbedaan kecil," tutup Wolff.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.