Sukses

Amuk Bolivia, Chile Juara Grup A Copa America 2015

Chili mengamuk dihadapan Bolivia di pertandingan terakhir babak penyisihan grup A Copa America 2015

Liputan6.com, Santiago - Tuan Rumah Chile mengamuk di hadapan Bolivia pada pertandingan terakhir babak penyisihan grup A Copa America 2015, Jumat 19 Juni 2015 atau Sabtu pagi WIB. Chili menghajar Bolivia dengan skor telak lima gol tanpa balas.

Bertanding di Estadio Nacional Julio Martinez Pradanos, Santiago, Chile memang telah mendominasi permainan sejak menit pertama. Charles Aranguiz membuka keunggulan Chile di menit 3. Gol itu semakin melecut semangat tuan rumah menambah gol.

Dan benar saja, di menit 37, pemain Arsenal, Alexis Sanchez menggetarkan jala gawang Bolivia untuk memperbesar kedudukan tuan rumah menjadi 2-0. Sampai turun minum, skor 2-0 masih bertahan untuk Chile besutan pelatih Jorge Sampaoli.

Memasuki babak kedua, Chile lebih ganas dengan mencetak tiga gol. Aranguiz mencetak gol kedua pada menit 66. Keunggulan 3-0 ternyata belum membuat Chili puas. Buktinya, di menit 79, Chile kembali menambah gol. Pemain bertahan Gary Medel memantapkan keunggulan La Rajo menjadi 4-0.

Gary Medel cetak gol keempat saat Chile mengalahkan Bolivia 5-0 (Reuters / Ricardo Moraes)

Pada menit akhir pertandingan, pemain bertahan Bolivia, Ronald Raldes membuat gol bunuh diri sekaligus mengubah papan skor menjadi 5-0. Skor tersebut tidak berubah sampai peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan telak Chile ini sebelumnya nyaris tidak pernah diprediksi. Pasalnya, Bolivia menempati posisi runner-up klasemen grup A mengantongi 7 poin. Hasil ini mengantarkan Chile lolos ke fase knock-out dengan status sebagai juara grup A. Chile melaju ke babak perempat final bersama Bolivia yang mengoleksi 4 poin.

Sementara itu, Ekuador yang menempati peringkat tiga klasemen grup A memiliki peluang lolos ke fase gugur setelah menempati posisi tiga terbaik dari tiga grup.

Hanya dua dari tiga tim terbaik yang bakal tampil di perempat final. Posisi 1-2 itu kini ditempati  Uruguay dan Venezuela.

Susunan Pemain

Chile: Claudio Bravo, Mauricio Isla, Jean Beausejour, Gary Medel, Gonzalo Jara (David Pizarro), Arturo Vidal (Angelo Henriquez), Jorge Valdivia, Charles Aranguiz, Marcelo Diaz, Alexis Sanchez (Matias Fernandez), Eduardo Vargas

Bolivia: Romel Quinonez, Alejandro Morales, Edemir Rodriguez (Marvin Bejarano), Ronald Raldes, Cristian Coimbra, Alejandro Chumacero, Martin Smedberg-Dalence, Ricardo Pedriel, Walter Veizaga (Damir Miranda), Marcelo Moreno, Pablo Escobar (Damian Lizio) 

(Rjp/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini