Sukses

11 Data & Fakta Menarik Jelang Duel Fiorentina vs AC Milan

Kedua tim akan bentrok di Artemio Franchi, dinihari nanti.

Liputan6.com, Firenze - AC Milan memiliki catatan positif saat melawat ke markas Fiorentina. Sementara tim tuan rumah berambisi menyudahi rentetan hasil bagus yang diraih Milan.
 
Ya, I Rossoneri kerap mencuri angka ketika bertandang ke Artemio Franchi. Dari delapan pertemuan terakhir di Liga Italia Serie A, skuat Merah-Hitam berhasil mengamankan lima kemenangan, tiga hasil imbang dan belum pernah kalah. 
 
Terakhir kali, Milan tumbang di markas Fiorentina adalah pada musim 2005/06. Dalam pertandingan yang berlangsung pada 20 November 2005 tersebut, I Viola sukses membungkam Il Diavolo Rosso dengan skor meyakinkan 3-1.
 
Dan saat kembali bersua Fiorentina di Artemio Franchi dalam giornata ke-27 Serie A, Selasa (17/3) dini hari WIB, AC Milan ingin meneruskan tren bagus tersebut. Apalagi, Milan membutuhkan poin penuh, setelah di 11 laga terakhir liga hanya mampu meraih dua kemenangan.
 
Tak hanya itu, hasil positif juga bakal mendongkrak posisi skuat besutan Filippo Inzaghi ini di klasemen sementara. Milan saat ini berada di peringkat 10 dengan nilai 35. Mereka terpaut tujuh poin dari Fiorentina yang menempati tangga kelima, dan merupakan batas akhir berlaga di kompetisi Eropa musim depan.
 
Akan tetapi, Fiorentina tak akan membiarkan AC Milan meneruskan tren bagus tersebut. Bermain di hadapan pendukung sendiri, tim asuhan Vincenzo Montella tentu mengincar tiga angka. Sukses menahan imbang 1-1 Milan di pertemuan pertama, tampaknya bakal menjadi pelecut semangat penggawa Fiorentina untuk merengkuh kemenangan.
 
Lanjut ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

 Berikut data dan fakta menarik Fiorentina versus AC Milan seperti dilansir Opta:
1. Ini adalah pertemuan ke-150 kedua tim di Serie A. Milan unggul atas Fiorentina dengan meraih 68 kemenangan berbanding 40. Sedangkan 41 laga sisa berakhir dengan imbang.
 
2. Milan telah mencetak 234 gol ke gawang Fiorentina. Torehan gol terbanyak dibandingkan ke gawang tim-tim lainnya di Serie A.
 
3. I Rossoneri hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan terakhir kontra Fiorentina (3 imbang; 3 kalah).
 
4. Namun, Fiorentina tidak pernah mengalahkan Milan di Artemio Franchi sejak November 2005. Sejak saat itu, I Viola hanya mampu meraih tiga hasil imbang dan menelan lima kekalahan.
 
5. Milan telah mencetak dua gol dalam lima dari enam pertemuan Serie A di kandang Fiorentina, kecuali saat berimbang 0-0 pada November 2011.
 
6. Fiorentina menelan kekalahan 0-4 di laga terakhirnya dalam ajang Serie A melawan Lazio, setelah tidak terkalahkan di delapan pertandingan beruntun (5 menang; 3 imbang). Sebelumnya, mereka belum pernah kebobolan empat gol dalam satu pertandingan di Serie A musim ini.
 
7. Fiorentina tidak pernah menelan kekalahan di enam laga kandang terakhir mereka (2 menang; 4 imbang). Kendati begitu, di lima laga terakhir yang berlangsung di Artemio Franchi, mereka setidaknya kebobolan satu gol.
 
8. AC Milan memiliki jumlah poin yang sama musim lalu (35) setelah menjalani 26 pertandingan. Terakhir kali Milan memperoleh kemenangan lebih sedikit daripada musim ini (8 kemenangan) setelah 26 pekan terjadi pada musim 1983-84 (7 kemenangan).
 
9. AC Milan gagal memenangi delapan laga tandang Serie A. Ini adalah catatan tandang terburuk Milan sejak Mei 2001.
 
10. Tidak ada tim yang mencetak gol lebih sedikit dibandingkan Fiorentina (1 gol) dalam 15 menit pertama di pertandingan musim ini.
 
11. Alecio Cerci belum mencetak satupun gol buat AC Milan. Meski begitu, dia mampu mencetak dua gol dari lima pertandingan melawan Fiorentina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.