Sukses

Fantastis,"Monumen" Kekalahan Inggris Dijual Rp 11,9 M

Karya seni berbentuk monumen itu diukir seorang seniman Italia.

Liputan6.com, London - Seorang seniman asal Italia, Maurizio Cattelan membuat sebuah karya seni yang unik. Bukan karya seni yang rumit memang, tapi Cattelan mengukir catatan kekalahan timnas Inggris dari 1874 sampai 1998.

Dia mengukir seluruh catatan kekalahan itu pada batu marmer warna hitam mengkilat dan ukiran catatan-catatan kekalahan Inggris dengan warna putih. Sekilas, karya seni ini seperti monumen-monumen layaknya daftar para korban meninggal di sebuah bencana.

Lebih mencengangkan lagi karena karya seni ini bakal dilelang di rumah lelang terkenal, Sotheby's Milan. Tahukah Anda berapa harga ukiran besar berbentuk persegi panjang itu?

Wow, harga ukiran di batu marmer itu bisa mencapai harga 600 ribu pounds atau Rp 11,9 Miliar. Unik memang, karya seni Cattelan bukan sesuatu yang membanggakan warga Inggris.

Namun, dia justru menjual karya seni yang merupakan masa kelam "The Three Lions". Bukan masa jaya negera kerajaan ini di Piala Dunia 1966, tapi deretan kekalahan.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk komentar Cattelan----->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Catatan kekalahan Inggris diukir dengan sangat detail oleh Catellan. Dimulai dari kekalahan 1-2 Inggris dari Skotlandia. Ukiran berakhir dengan catatan memalukan saat Inggris dikalahkan 0-2 oleh Rumania di Piala Dunia 1998.

Dalam katalognya, Cattelan menuliskan pendapatnya soal karya seni yang dibuatnya. "Semua catatan kekalahan Inggris terukir di sini. Saya pikir ukiran catatan kekalahan ini ceritakan soal kebanggaan, peluang yang hilang dan kematian," tuturnya seperti dilansir Mirror,Rabu (11/3/2015).

Artwork of England defeats by Maurizio Cattelan could sell for up to £600,000

Baca Juga:

12 Fakta Schalke Kalahkan Madrid: CR7 Pecahkan Rekor Raul

Menilik Kekuatan Calon Lawan Timnas Senior di Uji Coba (1)

3 Faktor yang Bisa Jegal Persib Gagal Kalahkan Ayeyawady

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.