Sukses

7 Momen Sepak Bola yang Bikin Air Mata Berurai

Sikap fair play dan hormat akan sangat indah jika diterapkan di lapangan hijau.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan sepak bola memang kerap berlangsung panas dan emosional. Seringkali pertandingan justru berakhir dengan kericuhan atau keributan baik antar pemain maupun antar pendukung. Namun, tak sedikit pula yang tetap menjunjung tinggi sportivitas. Berikut adalah tujuh momen di sepak bola yang membuat kita meneteskan air mata karena menjunjung tinggi fair play.

FiFA selaku asosiasi sepak bola dunia memang tak pernah berhenti mengkampanyekan sikap fair play. Para pelaku sepak bola diwajibkan selalu menjunjung tinggi fair play dan rasa hormat kepada sesama.

Terkait itu, Liputan6.com berusaha merangkum delapan kejadian fair play di sepak bola yang bisa membuat kita meneteskan air mata:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1

1. Cristiano Ronaldo

Mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo memang seringkali dilabeli sebagai pemain yang arogan saat di lapangan. Namun, hal tersebut tak berarti ketika ia memberikan sebuah jersey kepada penonton yang ia patahkan hidungnya.

Kejadian terjadi saat Real Madrid melawan Getafe. Ronaldo yang tak sengaja membuang bola mengenai seorang penonton yang langsung mematahkan hidung.

Melihat itu, Ronaldo usai pertandingan menyempatkan diri meminta maaf kepada pria tersebut dan memberikan jersey yang telah ditanda tangani.

">

3 dari 8 halaman

2

2. Oliver Kahn

Mantan kiper Bayern Muenchen ini memang terkenal tanpa kompromi saat bertanding. Namun, dibalik sifat ganasnya, ternyata Kahn sangat memiliki jiwa fair play dan rasa hormat yang tinggi.

Kejadian berawal ketika Bayern Muenchen menghadapi Valencia di final Liga Champions 2001. Pertandingan yang dimenangkan oleh Die Rotten lewat adu penalti tersebut muncul sebuah momen yang bisa membuat kita salut.

Pasalnya, Kahn yang sukses meraih gelar juara menolak melakukan perayaan dan memilih untuk menghampiri kiper Valencia, Santiago Canizares yang sedang berlutut sambil menangis. Kahn datang dan menghampiri Canizares untuk memberikan semangat.

">

4 dari 8 halaman

3

3. Neymar da Silva

Penyerang Barcelona, Neymar da Silva memang dikenal sebagai pemain yang ramah. Ia seringkali memberikan tanda tangan kepada penggemarnya yang memaksa masuk ke lapangan.

Namun, dari semua itu, kejadian saat Neymar membela timnas Brasil menjadi yang paling indah. Bagaimana tidak, seorang anak kecil dengan kepala pelontos masuk ke lapangan untuk bertemu pemain pujaannya.

Pihak keamanan yang melihat itu lantas mencoba mengusir sang bocah ke luar lapangan. Akan tetapi, Neymar yang mengetahui kejadian tersebut langsung mendatangi pihak keamanan dan menggendong sang anak ke arah timnas Brasil yang sedang berlatih.

Penggawa timnas Brasil pun lantas mengangkat bocah tersebut yang terlihat sangat gembira. Tak lupa, Neymar juga menyempatkan diri berfoto bersama sang anak yang tampak sangat semringah.

">

5 dari 8 halaman

4

4. Paolo di Canio

Di Canio memperlihatkan momen fair play indah saat masih berseragam West Ham United.

Pria berkebangsaan Italia ini lebih memilih menangkap bola walaupun peluang mencetak gol terbuka lebar. Ia melakukan itu karena melihat kiper lawan terkapar kesakitan.

">

6 dari 8 halaman

5

5. Edinson Cavani

Penyerang Paris Saint-Germain melakukan tindakan yang patut dicontoh ketika ia memberikan jerseynya kepada penggemarnya yang mengalami fisik yang tak sempurna.

Kejadian berawal ketika Cavani yang akan melakoni pertandingan di Ligue 1 diberitahu bahwa ada penggemarnya yang tak sempurna di tribun penonton. Melihat itu, Cavani mendatangi fans tersebut dan berjanji akan memberikan jerseynya saat laga usai.

Benar saja, usai laga Cavani menolak permintaan tukar jersey dari sang lawan dan lebih memilih menepati janjinya untuk memberikan jersey kepada penggemarnya di tribun penonton.

">

7 dari 8 halaman

6

6. Miroslav Klose

Penyerang gaek Lazio, Miroslav Klose mempertontonkan sikap fair play saat melawan Napoli di Serie A.

Saat itu, Klose berhasil mencetak gol ke gawang I Partenopei namun dengan bantuan tangannya. Wasit yang tak melihat lantas menganggap gol tersebut sah.

Akan tetapi, Klose yang merasa bersalah menghampiri sang wasit dan meminta gol tersebut dianulir. Sontak, sikap Klose pun mendapat respon positif yang luar biasa dari para pemain Lazio maupun Napoli.

">

8 dari 8 halaman

7

7. Thago Silva

Kapten Paris Saint-Germain, Thiago Silva mempertontonkan sikap pedulinya saat akan melawan Lyon di Ligue 1.

Kejadian berawal saat Thiago Silva memimpin rekan-rekannya ke dalam lapangan. Silva yang menggandeng seorang anak tampak mencoba memberikan kehangatan kepada bocah yang tampak kedinginan.

Usai berjabat tangan dengan para pemain Lyon, Thiago Silva menyempatkan diri memberikan jaketnya kepada sang anak yang tampak masih menggigil kedinginan. Melihat itu, para penggawa PSG dan wasit pun tersenyum tanda salut kepada sang kapten timnas Brasil itu.

">

Baca juga:

Kiper Chelsea Tidak Takut Ancaman Ibrahimovic

El Shaarawy Senang Diincar Arsenal, Tapi...

Di Musim Panas, Arsenal Incar Banyak Bek

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini